Tahukah Anda? Internet Thailand Tercepat Kedua di ASEAN
Tahukah Anda? Internet Thailand Tercepat Kedua di ASEAN

Mungkin banyak teman-teman bertanya, mengapa Thailand dalam beberapa hal bisa lebih unggul dibandingkan Indonesia? Salah satu alasannya adalah "The Land of White Elephant” ini memiliki internet jauh lebih cepat dibandingkan Indonesia.

Thailand atau biasanya lebih dikenal dengan sebutan “Negeri Gajah Putih” ini menjadi runner up di bawah Singapura dalam kecepatan internet di negara-negara ASEAN. Berdasarkan data Ookla’s Speedtest Global Index (2018), Thailand memiliki kecepatan internet hingga 47.35 Mbps. Walaupun kecepatan internetnya terpaut cukup jauh dengan Singapura, masyarakat Thailand bisa menikmati internet yang cepat dibandingkan dengan beberapa negara ASEAN lainnya termasuk Indonesia yang hanya memiliki kecepatan internet 15.18 Mbps. Dengan melihat perkembangan dunia saat ini yang bergantung pada internet, memiliki internet dengan kecepatan yang tinggi tentunya sangat menguntunkan bagi produktivitas masyarakat.

Salah satu contoh dalam dunia pendidikan misalnya, sekolah-sekolah dan perguruan tinggi saat ini menggunakan internet lebih banyak dibandingkan generasi sebelumnya. Mengakses online journal yang biasanya digunakan dalam penelitian maupun tugas serta ujian dan kuis yang saat ini diakses dan dikumpulkan secara online. Selain itu, tanpa koneksi internet yang stabil, pelajar di sekolah maupun di perguruan tinggi berisiko ketinggalan jauh dibandingkan yang lain. Maka dari itu, tidak heran memiliki internet dengan berkecepatan tinggi merupakan suatu kewajiban bagi masyarakat modern untuk mengakses dan mendapat informasi yang terbaru dan ter-up-to-date.

Dengan melihat fakta bahwa Thailand memiliki internet yang jauh lebih unggul dibandingkan Indonesia, hal ini sangat memungkinkan produktivitas masyarakat Thailand bisa dua kali lebih produktif daripada masyarakat di Indonesia. Hal ini dikarenakan, sejak tahun 2014, Thailand secara konsisten bertransformasi menjadi negara “anti-anti lemot club” dengan menyediakan fasilitas internet secara signifikan dan menyeluruh bagi semua kalangan masyarakat di Thailand. Per-Juli 2018, Thailand berhasil menduduki peringkat 34 internet tercepat di seluruh dunia berdasarkan Speedtest Global Index, sedangkan Indonesia hanya berhasil menduduki peringkat 94 dalam indeks yang sama.


Info Atdikbud