ANUBUNN LEADS PACK IN SERVING HEALTY MEALS
“ANUBUNN LEADS PACK IN SERVING HEALTY MEALS”(1)

Usaha pemerintah Thailand dalam mengurangi jumlah siswa obesitas ditandai dengan membuat “City Hall anti-obesity award”, sebuah penghargaan yang diberikan kepada sekolah yang mampu mengatur gizi makanan demi kesehatan siswa. Kesehatan menjadi perhatian penting karena mempengaruhi konsentrasi siswa saat melakukan proses pembelajaran. Direktur bidang Promosi Kesehatan, Departmen Kesehatan dibawah Administrasi Metropolitan Bangkok mencatat kasus siswa obesitas di kota terus meningkat, pada 2015 sebesar 13,37%, 2016 sebesar 14,6%, dan tahun 2017 sebesar 15.05%. Salah satu penghargaan diberikan kepada sekolah swasta Anubunn Tantawan, sekolah yang terletak di bagian timur kota. Saat ini sekolah Bangbon memilki 270 siswa dari taman kanak-kanak hingga sekolah dasar.

Anubunn Tantawan memberikan makan siang sebagai bentuk promosi hidup sehat. Menu tersebut juga dinikmati oleh siswa, guru, dan karyawan. Selain itu sekolah ini juga mendorong siswa untuk melakukan aktivitas olahraga di luar ruangan dengan fasilitas lapangan dan kolam renang seluas 24 meter persegi. Dalam melakukan perencanaan menu makanan setiap bulan, guru diberi tugas untuk meminta penilaian para siswa tentang makanan yang disajikan dan makanan mana yang paling disukai. Makanan diusahakan untuk memenuhi aspek 4 sehat 5 sempurna. Oleh karena itu, demi menunjang kualitas dan kebersihan bahan makanan yang disediakan dipilih secara teliti. Bahkan wortel yang digunakan pun diimpor dari Australia.

Usaha hidup sehat ini juga memerlukan peran orang tua/wali murid untuk membentuk pola hidup sehat dari rumah. Salah satu contohnya, ketika anak meminta minuman bersoda maka orang tua akan memasukkan koin ke minuman tersebut dan membiarkannya selama beberapa hari. Kemudian anak tersebut diperlihatkan perubahan koin yang berada di dalam minuman. Dengan demikian, anak akan tahu bahwa minuman tersebut dapat merusak kesehatan mereka sebagaimana minuman itu merusak koin.

Pendidikan sekolah ini berusaha untuk tidak memaksa melainkan memandu siswa untuk berpikiran lebih kritis mengenai apa yang baik dan tidak baik bagi tubuh mereka. Sekolah berusaha untuk tidak hanya berorientasi pada keuntungan, melainkan meningkatkan kualitas hidup para siswa melalui kesehatan. Kesehatan merupakan salah satu fokus kualitas sekolah ini, selain membuat sekolah serasa seperti rumah kedua. Selain Sekolah Anubunn Tantawan, ada beberapa sekolah lain yang juga mendapat penghargaan ini. Pada posisi pertama, ada Mathayom Wat Singh, Ban Khoonprathet, Nong Chok, dan Anubunn Tantawann. Pada posisi kedua, ada Wat Inthrram, Joan of Arc, Sri Eiam Anusron, dan Dusit. Terakhir adaThung Mahamek, St. Theresa, Bhoomsamit, sekolah Chinda Suksa, Roongruang, Pongploy, Anusorn, Wat Maha Phruttharam, Wat Bung Bua, Arvuth Vikasitaram, Bang Na, Rang Phlat, Sathon, dan Din Daeng.

(1)disadur dari tulisan Supoj Wancharoen yang diterbitkan Bangkok Post pada 30 September 2018
Penyadur: Dinda Sri Estu