Small schools to shut to ‘solve’ teacher shortage
"Small schools to shut to ‘solve’ teacher shortage"(1)

Kantor Komisi Pendidikan Dasar Thailand mengambil keputusan besar dengan menutup sekitar 14.000 dari 30.000 sekolah dasar yang jumlah siswanya kurang dari 120 orang. Jumlah siswa sekolah dasar di Thailand mengalami penurunan yang cukup signifikan karena menurunnya angka kelahiran. Penurunan ini diperkirakan akan terus terjadi hingga 2 juta orang pada 6 tahun mendatang.

Pada tahun 1997 tercatat ada 9,5 juta siswa. Tahun ini jumlah siswa hanya berkisar 7,4 juta. Perbandingannya, jika satu kelas sedang melakukan proses belajar mengajar, maka satu kelas lainnya melakukan proses belajar mengajar tanpa guru. Bahkan ada satu sekolah dengan satu atau dua guru mengajar semua mata pelajaran. Jika menggunakan rasio standar 20 siswa untuk satu guru, maka rasio tersebut akan gagal karena kurangnya tenaga pengajar.

Penutupan sejumlah sekolah ini juga didasari oleh fakta bahwa sekolah dengan jumlah siswa yang minim sangat sulit mendapatkan bantuan dana dan dukungan dari pemerintah. Di samping itu, kurangnya jumlah guru dan staf juga mengakibatkan kualitas pendidikan di Thailand kurang maksimal. The Programme for International Student Assesment (PISA) pada tahun 2015 mengeluarkan data mengenai kemampuan matematika dan membaca siswa berumur 15 tahun di desa dan di kota. Hasilnya, kemampuan matematika siswa di daerah pedesaan berada jauh di bawah siswa di perkotaan.

Pemangkasan jumlah sekolah ini mengikuti jumlah siswa yang menurun. Diharapkan kebijakan ini akan lebih mudah untuk meningkatkan kualitas pendidikan, terutama di pedesaan. Pemangkasan ini tidak dimaksudkan untuk menghilangkan sekolah, namun menyatukan sekolah-sekolah kecil dengan sekolah yang lebih besar dan berada cukup dekat. Sekolah kecil yang kemudian akan disatukan dengan sekolah yang lebih besar, akan berjarak lebih jauh sekitar 15-40 km, hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan karena fasilitas transportasi seperti bus telah tersedia. Setidaknya terdapat 2.700 sekolah kecil yang akan tetap dibuka karena keadaan geografi yang tidak memungkinkan, seperti di pulau atau area gunung.

(1)Berita ini disadur dari Bangkok Post yang ditulis oleh Dumongkrat Mala, 29 September 2018
Penyadur: Dinda Sri Estu