Antusiasme Peserta Kursus BIPA Mengikuti Ujian Akhir

Pada hari Kamis, 3 Desember 2020, walaupun masih dalam suasana pandemik Covid 19, dengan menerapkan protokol kesehatan, 44 peserta program kursus Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) mengikuti ujian akhir dengan penuh semangat. Ujian dilaksanakan di Sekolah Indonesia Bangkok (SIB), yang juga merupakan tempat mereka belajar selama ini.

Setelah melakukan registrasi, seluruh peserta mendapat masker yang diberikan langsung oleh Prof. Dr. Mustari, M.Pd,, Atdikbud KBRI Bangkok, didampingi Kepala Sekolah Indonesian Bangkok, Susianto, S.Pd., M.A. Peserta yang sudah melakukan registrasi kemudian menuju ruang yang telah ditentukan dan melaksakan ujian tertulis selama kurang lebih 2 jam. Ujian ini diadakan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan dan ketrampilan siswa dalam berbahasa Indonesia setelah mempelajarinya selama kurang lebih 2 bulan.  

Kursus Bahasa Indonesia tingkat dasar ini diselenggarakan oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdik) KBRI Bangkok, setiap tahun selama kurang lebih 2 bulan, dengan pengajar dari staf Atdik dan dosen Bahasa Indonesia di Universitas Thammasat. Peserta kursus adalah para pegawai instansi pemerintahan Thailand, seperti Staf dari Kementerian Pertahanan, Angkatan Darat Thailand, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pendidikan, Pengajar Universitas dan lain-lain, yang telah mengikuti kursus bahasa Indonesia di KBRI Bangkok sejak awal bulan Oktober.  Kursus ini bertujuan mengenalkan Bahasa Indonesia sebagai jati diri bangsa, memperkenalkan budaya Indonesia, dan mempererat hubungan diplomasi Indonesia-Thailand.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *