Dubes Rachmat Pesankan Pemimpin Amanah dalam Mubes Permitha 2021

“Di samping berintegritas, berintelektual, dan bertanggungjawab, pemimpin juga diharapkan dapat amanah dalam menjalankan tugasnya,” demikian digarisbawahi oleh Duta Besar Rachmat Budiman dalam sambutan pembukanya pada Musyawarah Besar (Mubes) Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Thailand (Permitha) pada hari Sabtu, 6  Februari 2021 di Bangkok. Pertemuan yang untuk pertama kalinya diselenggarakan secara virtual juga dihadiri oleh Dicky Komar, Wakil Kepala Perwakilan selaku Pelaksana Tugas Atase Pendidikan dan Kebudayaan,  wakil Fungsi Pensosbud, Fungsi Politik dan Atdikbud KBRI Bangkok serta Pengurus, alumni dan anggota Permitha dari berbagai simpul di Thailand dan Indonesia. 

Mubes Permitha 2021 membahas agenda utama penyampaian pertanggungjawaban kepengurusan Permitha periode 2020-2021; pertanggungjawaban pelaksanaan AASIC ke-8; pertanggungjawaban ngajikhun dan pemilihan kepengurusan Permitha baru untuk periode 2021-2022.

Duta Besar  Rachmat Budiman menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Permitha atas sinergi dan kolaborasi dengan KBRI Bangkok sebagai mitra strategis diplomasi Indonesia selama ini. Selain terlibat aktif dalam berbagai kegiatan promosi, prestasi akademik anggota Permitha di berbagai perguruan tinggi di Tahialnd akan menjadi sarana promosi ampuh dalam meningkatkan citra Indonesia di negara Gajah Putih. Dubes  Rachmat Budiman mendukung sepenuhnya upaya Permitha untuk membangun Pemimpin yang berintegritas, berintelektual, dan bertanggungjawab sesuai tema Mubes. Namun demikian, pemimpin juga diharapkan memiliki karakter amanah dalam menjalankan tugasnya, yang sekaligus dapat ditularkan kepada pengurus dan anggota organisasi.   “KBRI Bangkok akan senantiasa mendukung Permitha sepenuhnya untuk memaksimalkan misi dan mandat organisasi’, demikian ditambahkan Dubes Rachmat.

Secara khusus, Dicky Komar selaku Pelaksana Tugas Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok menyampaikan apresiasi kepada Sdr. Ade Danova, selaku Presiden Permitha periode 2020-2021 dan anggota pengurusnya atas keberhasilan memimpin Permitha di tengah masa sulit dan penuh tantangan pandemi Covid-19 dan mengajak seluruh anggota Permitha untuk mendukung kepengurusan baru sebagai bagian membangun generasi muda sebagai calon-calon pemimpin yang berintegritas dan bertanggungjawab bagi Bangsa pemegang tongkat estafet kepemimpinan Indonesia di masa datang.

Musyawarah Besar Permitha 2021 secara sah demisioner dan menetapkan Syahril Rachmat sebagai Presiden Permitha 2020/2021. Syahril Rachmat merupakan mahasiswa Program Master Civil Engineering di Thammasat University. Mubes ditutup secara resmi oleh Presidium Mubes setelah mendengarkan pernyataan singkat Syahrial Rachmat selaku Presiden Permitha terpilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *