Kunjungan Studi Mahasiswa SI Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro ke Thailand

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok memfasilitasi kunjungan studi mahasiswa S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro (FEB-UNDIP) ke Thailand. Kunjungan dilaksanakan tanggal 9 Februari 2018, sebanyak 17 mahasiswa dan 1 dosen FEB-UNDIP malakukan kunjungan ke KBRI Bangkok, yang diterima oleh Koordinator Fungsi Ekonomi, Bapak Lingga Setiawan. Kunjungan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatannya ke Thailand dalam rangka program pengalaman lapangan, menggali informasi terkait manajemen dan pengembangan ekonomi di Thailand. Selain ke KBRI Bangkok, kegiatan kunjungan juga dilakukan ke universitas dan perusahaan di Thailand.

Koordinator Fungsi Ekonomi KBRI Bangkok, Bapak Lingga Setiawan dalam sambutan awalnya menyampaikann tentang tugas dan fungsi KBRI Bangkok. Selanjutkan memberikan materi berkaitan dengan bagaimana hubungan bilateral antara Indonesia dan Thailand. Materi yang dierikan juga terkait dengan investasi bagaimana hubungan baik yang dijalin antara Indonesia dan Thailand yang dapat memberikan manfaat dengan mendatangkan investasi dari pihak Thailand ke Indonesia. Selain itu, hubungan kerjasama Impor dan Ekspor antara Thailand dan Indonesia juga sempat menjadi perhatian. Bagaimana Indonesia dapat meningkatkan barang – barang yang dapat bernilai jual yang tinggi di Thailand. Tantangan saat ini untuk Thailand dan Indonesia adalah bagaimana untuk dapat mengembangkan energi yang terbarukan. Dijelaskan bahwa, saat ini Thailand memiliki sumber air panas, akan tetapi belum dapat mengeksplor atau memanfaatkan secara maksimal. Bapak Lingga Setiawan juga menjelaskan tentang Industry Smart City.

Disampaikan juga tentang pentingnya ASEAN, terutama dalam hal Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Bagaimana dan sejauh mana Indonesia yang tergabung dalam Organisasi Regional ASEAN sadar akan MEA. Kedepannya dengan adanya MEA tantangan Ekonomi akan jauh lebih besar, sehingga kita harus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia serta bagaimana langkah strategis dalam pemasaran barang Indonesia agar dapat masuk dipasar ASEAN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *