Indonesia Memperoleh Peringkat Kedua pada “Thailand International Mathematical Olympiad” (TIMO) di Bangkok, 21 – 23 Februari 2018

Pada tanggal 23 Februari 2018, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok menerima kunjungan para peserta yang mengikuti Olimpiade Matematika Internasional: “Thailand International Mathematical Olympiad (TIMO)”. TIMO dilaksanakan di Ambassador Hotel Bangkok tanggal 21 Februari 2018. Ami Triono selaku anggota komite dari kegiatan tersebut yang sekaligus sebagai pendamping peserta dari Indonesia, memaparkan bahwa jumlah peserta dari Indonesia adalah 300 anak, yang terbagi dari berbagai macam grade, mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai tingkat Senior atau setara SMA.

Pada TIMO 2018 tersebut Indonesia berhasil meraih 26 (dua puluh enam) medali emas, yang kemudian membawa Indonesia menjadi peringkat kedua pemeroleh medali emas terbanyak setelah Bulgaria. Lomba olimpiade matematika tingkat internasional ini diadakan secara rutin setiap tahun dengan host country yang berbeda setiap tahunnya. Namun, pada olimpiade tahun depan, kegiatan ini akan kembali dilaksanakan di Phuket, Thailand.

Pada kesempatan tersebut Atase Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan rasa bangga dan menyampaikan terima kasih kepada para peserta yang telah bekerja keras dan mendapatkan prestasi yang cukup bagus. Namun, disayangkan bahwa kegiatan ini kurang mendapatkan dukungan. Atdikbud berharap, untuk kedepannya pihak lembaga yang mengkoordinaskani lomba ini dapat melakukan koordinasi langsung dengan pemerintah pusat, agar mendapatkan bantuan dan perhatian serius. Atdikbud sangat menyayangkan, karena anak-anak Indonesia yang membawa harum nama bangsa ini belum mendapat perhatian khusus. Atdikbud juga berharap, untuk tahun berikutnya pihak TIMO dapat berkoordinasi dengan Perwakilan RI di Thailand terkait pelaksanaan lomba tersebut, mengingat tahun depan kegiatan tersebut akan dilaksanakan kembali di Thailand.

(Pertemuan dan Diskusi Perwakilan Peserta TIMO dengan Atdikbud KBRI Bangkok)

(Penyerahan Cindera Mata dari KBRI Bangkok untuk Perwakilan Peserta TIMO)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *