Pascasarjana Agribisnis Universitas Negeri Gorontalo Merintis Kerjasama dengan Universitas Thailand

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok memfasilitasi kunjungan mahasiswa Pascasarjana Prodi Agribisnis Universitas Negeri Gorontalo ke Bangkok, Thailand. Kunjungan ke KBRI Bangkok dilaksanakan tanggal 21 Februari 2018 diterima oleh Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand, Bapak Ahmad Rusdi dengan didampingi Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Mustari, M.Pd. Rombongan berjumlah 23 (dua puluh tiga) peserta yang terdiri dari mahasiswa, ketua program studi, dan beberapa dosen. Tujuan kunjungan ke KBRI dalam rangka untuk mendapatkan informasi dan dukungan berkaitan dengan rencana untuk melakukan kerjasama dengan universitas Thailand.

Duta Besar RI, Bapak Ahmad Rusdi dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal terkait hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Thailand yang sudah cukup lama terjalin. Beberapa kerjasama telah dilakukan oleh kedua negara, baik dalam bidang politik, ekonomi, perdagangan, pendidikan, kebudayaan, dan pariwisata. Kedua negara sama-sama merupakan negara penggagas terbentuknya kerjasama ASEAN. Selain itu, juga dijelaskan secara singkat gambaran mengenai negara Thailand, mulai dari sejarah, sistem pemerintahan, hingga karakter masyarakatnya. Thailand sangat maju di bidang pariwisata dan jumlah wisatawan cukup banyak, hal tersebut juga menyebabkan tingkat kriminalitas cukup tinggi, dan sehubungan dengan hal tersebut Bapak Duta Besar RI menghimbau agar selalu berhati-hati apabila di tempat keramaian.

Selanjutnya Ketua Prodi Pascasarjana Agribisnis menyampaikan rencana untuk melakukan kerjasama dengan universitas Thailand, khususnya dalam hal pengembangan kurikulum dan student exchange selama minimal 1 (satu) semester. Universitas Thailand yang akan diajak kerjasama adalah Kasetsart University dan Rajamangala University of Technology Krungthep (RMUTK). Rombongan melakukan kunjungan ke RMUTK dan melakukan penjajakan kerjasama dengan Kasetsart University.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan merespon baik kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Pascasarjana Agribisnis Universitas Negeri Gorontalo, dan akan menjembatani dan membantu tindak lanjut dari kegiatan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *