ANTUSIASME USBN DI KBRI BANGKOK

ANTUSIASME USBN DI KBRI BANGKOK

Antusiasme USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) merebak di KBRI Bangkok. Sekolah Indonesia Bangkok menyelenggarakan USBN SMA mulai tanggal 19 sampai dengan 26 Maret 2018. Persiapan  dilakukan jauh sebelumnya, baik persiapan siswa menghadapi ujian ini maupun persiapan administrasi pelaksanaan ujian. Siswa SMA kelas XII yang terdiri dari 3 siswa program IPA dan 5 orang siswa program IPS mengikuti bimbingan belajar sejak bulan November 2017, mengikuti ujian penjajagan (Try Out) sebanyak 2 kali, termasuk simulasi UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) sebanyak 2 kali. Sementara persiapan administrasi pelaksanaan ujian, khususnya penyiapan soal dilaksanakan bersama oleh Kemendikbud dan MGMP SILN (Musyawarah Guru Mata Pelajaran Sekolah Indonesia Luar Negeri). Berdasarkan Peraturan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah No: 08/D/HK/2017 tentang Prosedur Operasional Standar (POS) USBN, Kemendikbud menyiapkan 20 sampai dengan 25 % soal, sedangkan MGMP SILN   menyiapkan 75 sampai dengan 80 % soal.  Sekolah Indonesia Bangkok berperan aktif dalam MGMP SILN ini dengan juga menjadi kordinator MGMP pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPS, Sejarah dan PAI.

Seiring dengan kegiatan ini Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand memberi arahan bahwa guru dituntut pengabdiannya dalam setiap pelaksanaan tugas. Kepercayaan yang diberikan kepada guru SIB sebagai kordinator pembuatan soal agar menjadi amanah. Pembuatan soal harus teliti dan disusun dengan baik. Sebelum soal dikirimkan ke SILN lain, agar diperiksa oleh Atdikbud untuk mendapatkan soal dengan kualitas baik. Di samping itu ditekankan agar kerahasiaan soal harus dijaga dengan baik.  Duta Besar juga berpesan agar para siswa yang mempersiapkan diri menghadapi ujian ini dapat beristirahat dengan cukup.

Pelaksanaan USBN ini juga mendapat perhatian penuh dari Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok. Prof. Dr. Mustari, M. Pd. selaku Atdikbud KBRI Bangkok selalu memantau pelaksanaan ujian dan perkembangan yang terjadi. Selama pemantauan Atdikbud memberi arahan dan pesan agar pelaksanaan ujian dapat terus belangsung dengan tertib, aman dan lancar. Perhatian dan pelayanan yang baik terhadap peserta ujian harus dapat diberikan agar mereka dapat melaksanakan ujian dengan baik dan nyaman.

Bersamaan dengan pelaksanaan USBN SMA ini dilangsungkan pula Ujian Penjajagan (Try Out II) bagi siswa kelas 9 dan kelas 6. Mereka juga nantinya akan mengikuti USBN sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.  USBN SMP Kelas 9 pada tanggal 16 sampai dengan 23 April 2018 dan USBN SD Kelas 6 pada tanggal 3 sampai dengan 8 Mei 2018. Dengan perhatian dan arahan dari Duta Besar beserta Atdikbud KBRI Bangkok diharapkan seluruh pelaksanaan USBN di Sekolah Indonesia Bangkok dapat berjalan dengan baik. Bravo KBRI Bangkok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *