GEMPITA PRAMUKA DI KBRI BANGKOK

Bangkok ;   Sekolah Indonesia Bangkok kembali menyelenggarakan kegiatan perkemahan. Kegiatan yang bernama Perjusa 2 ini dilaksanakan selama 2 hari satu malam pada tanggal 23 sampai dengan 24 Maret 2018. Perjusa 2 diikuti oleh seluruh anggota pramuka siaga, penggalang dan penegak Gudep 001 – 002 SIB. Dalam Perjusa kali ini juga disajikan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kanselerai (HOC) KBRI Bangkok, Jani Mediawati Sasanti pada tanggal 23 Maret 2018. Dalam sambutannya Jani berpesan bahwa lewat perkemahan dan Latihan Dasar Kepemimpinan ini, agar anak-anak bisa bersosialisasi, lebih percaya diri dan bisa bekerjasama dengan teman-teman lain. Dipesankan agar seluruh peserta dapat pula melatih dan meninggkatkan kemampuan bertoleransi mereka.

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa pada kegiatan Perjusa 2 dibagi dalam 2 (dua) sesi, yaitu sesi pertama pada tanggal 23 Maret dengan narasumber Fahrizal Adnan anggota Permitha yang sedang menyelesaikan pendidikan S3 (Ph.D) di KMUTT. Materi yang disajikan adalah “Leadership know Your self”. Sedangkan pada sesi kedua tanggal 24 Maret, LDKS menghadirkan narasumber salah satu Direktur FAO United Nations di Thailand yang merupakan Warga Negara Indonesia, yaitu Dr. Yurdi Yasmi M.sc. Dr. Yurdi juga merupakan wakil President IDN Global. Pada kegiatan ini, Yurdi menyampaikan materi bertajuk “menjadi pemimpin masa depan yang berdaya saing”. Sajian yang disampaikan dapat memikat dan memberi inspirasi bagi seluruh peserta.

Yang juga tak kalah menarik selama kegiatan Perjusa 2 ini adalah dengan digelarnya “Ngaliwet”. “Ngaliwet” merupakan tradisi makan bersama masyarakat Indonesia, khususnya di Jawa Barat dengan suku Sundanya. Kegiatan makan bersama ini bisa dicatat sebagai “Ngaliwet” terpanjang di Bangkok sampai sejauh ini. Sebagai informasi tambahan masyarakat Indonesia di Bangkok sering mengadakan kegiatan “Ngaliwet” ini.

Kegiatan Perjusa 2 ditutup oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Mustari, M. Pd. pada tanggal 24 Maret 2018. Dalam amanatnya, disampaikan terima kasih kepada seluruh anggota pramuka SIB yang sudah dengan semangat mengikuti kegiatan Perjusa. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada kakak-kakak Pembina pramuka atas bimbingan yang dilakukan selama kegiatan. Amanat diakhiri dengan pesan kepada para anggota pramuka SIB agar tidak lupa untuk tetap semangat belajar. Bravo Pramuka Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *