National Institute of Development Administration (NIDA) Thailand Tawarkan Sejumlah Progam Studi Menarik dan Beasiswa

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok menerima kunjungan perwakilan dari National Institute of Development Administration (NIDA) Thailand pada Senin 26 Maret 2018. Dalam kunjungan itu, pihak National Institute of Development Administration (NIDA) memaparkan secara garis besar program-program studi yang ada di sana. Program-program studi tersebut yaitu Graduate School of Public Administration (GSPA), Graduate School of Bussiness Administration (GSBA), Graduate School of Develompment Economics (GSDE), School of Human Resource Development (SHRD), Graduate School of Social and Environmental Development (GSSED), Graduate School of Language and Communication (GSLC), Graduate School of Tourism Management (GSTM), Graduate School of Applied Statistics (GSAS), Graduate School of Law (GSL), Graduate School of Environmental Development Administration (GSEDA), Graduate School of Communication Arts and Management Innovation (GSCM), dan International College of National Institute of Development Administration (ICO NIDA). Selain itu, disampaikan pula sejumlah beasiswa yang disediakan oleh NIDA, mulai dari beasiswa setengah penuh hingga beasiswa penuh dilengkapi dengan uang saku sebesar 10.000 baht per bulan.

Di samping memperkenalkan kampus NIDA beserta sejumlah beasiswa yang ada di sana, kunjungan staf NIDA ke KBRI Bangkok bertujuan untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai perguruan tinggi-perguruan tinggi di Indonesia. Informasi tersebut akan digunakan untuk keperluan sosialisasi dan promosi yang akan dilakukan oleh NIDA ke Indonesia. NIDA juga meminta masukan dari Atdikbud mengenai kota-kota mana di Indonesia yang Selama ini, NIDA cukup dikenal di kalangan mahasiswa dan akademisi di Indonesia. NIDA pun banyak menerima pendaftar dari sejumlah mahasiswa Indonesia dalam setiap gelombang pendaftaran studinya, baik itu studi reguler maupun kursus singkat (short course).

Atdikbud sangat antusias menanggapi hal itu. Menurutnya, Indonesia memiliki lebih dari 4.000 perguruan tinggi, meliputi perguruan tinggi negeri (milik pemerintah), perguruan tinggi swasta, dan sekolah tinggi dalam berbagai disiplin ilmu yang dapat dipilih oleh NIDA sebagai tujuan sosialisasi dan promosi. Atdikbud juga sangat antusias menangggapi sejumlah beasiswa dan jenis-jenis program studi yang ada di kampus NIDA. Atdikbud menyatakan pihaknya siap membantu NIDA untuk melakukan sosialisasi dan promosi ke Indonesia. Atdikbud juga siap memfasilitasi mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang berminat untuk menempuh studi di NIDA.

Gambar 1 Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Bangkok Prof. Mustari (kanan), menerima cinderamata dari National Institute of Development Administration (NIDA).

 

Gambar 2.Perwakilan dari National Institute of Development Administration (kedua dari kiri) berfoto bersama Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok Prof. Mustari (kedua dari kanan) dan para staf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *