SEAMEO RECFON Jalin Kerja Sama Strategis dengan Sejumlah Institusi Besar di Thailand

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok, Prof. Dr. Mustari, M.Pd menyambut kunjungan dari direktur dan staf South East Asia Minister of Education Organization Regional Centre for Food and Nutrition (SEAMEO RECFON) pada Kamis, 29 Maret 2018 di KBRI Bangkok. Dalam kesempatan itu, direktur SEAMEO RECFON, Dr. dr, Muchtaruddin Mansyur menyampaikan beberapa poin penting terkait kerja sama dalam bidang kedokteran yang akan dilaksanakan oleh SEAMEO RECFON dengan sejumlah instansi terkait di Thailand.

Salah satu hal yang disampaikan oleh direktur SEAMEO RECFONS adalah adanya rencana kerja sama antara Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dengan Ministry of Public Health Thailand tentang pertukaran mahasiswa dan pertukaran dosen dalam bidang kedokteran okupasi. Program ini merupakan salah program lanjutan yang sudah dilakukan oleh FKUI dan Ministry of Public Health Thailand pada tahun 2014.

Program yang sudah dirintis oleh FKUI dan Ministry of Public Health Thailand pada tahun 2014 adalah penyusunan draft tentang standar ASEAN untuk kriteria diagnosis penyakit akibat kerja. Draft tersebut disusun oleh para ahli kedokteran okupasi ASEAN termasuk di antaranya adalah Direktur SEAMEO RECFON, Dr. dr. Muchtaruddin Mansyur.

Direktur SEAMEO RECFON juga menyampaikan bahwa institusinya telah berkoordinasi dengan sejumlah universitas ternama di Thailand, di antaranya adalah Mahidol University, Kasetsart University, dan Basic Education Council. SEAMEO RECFON juga sedang melakuan koordinasi lanjutan dengan Permanent Secretary Ministry of Education serta kerja sama dengan beberapa universitas lain.

Dalam kaitannya dengan sejumlah kerja sama ini, SEAMEO RECFON juga berkoordinasi dengan Atase Pendidikan dan Kebudayaan di KBRI Bangkok. Hal ini wajib dilakukan agar seluruh kerja sama yang dilakukan oleh SEAMEO RECFON dengan sejumlah institusi di Thailand dapat terkoordinasi dengan baik serta mampu memberi hasil yang optimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *