Kunjungan Khon Kaen University ke KBRI Bangkok

Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand H.E. Mr. Ahmad Rusdi didampingi oleh Wakil Duta Besar Mr. Dicky Komar, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Mustari, M.Pd, dan Koordinator Fungsi Penerangan Sosial Budaya Dodo Sudrajat menerima kunjungan dari delegasi Khon Kaen University pada Jumat 4 Mei 2018 di Wisma Indonesia KBRI Bangkok. Kunjungan ini dilakukan oleh Asisten Presiden Khon Kaen University untuk Kerja Sama Internasional Asst. Prof. Dr. Acharawan Topark-Ngarm, Dekan Pascasarjana Prof. Dr. Surasakdi Wongratanacheewin, dan Direktur Divisi Hubungan Internasional Ms. Netdao Chamroendararasmee.

Khon Kaen University merupakan salah satu dari sembilan universitas di Thailand yang berfokus dalam bidang penelitian. Khon Kaen University juga merupakan universitas yang menjadi pusat studi pendidikan di area Mekong, Thailand. Khon Kaen memiliki delapan fakultas, yaitu Faculty of Nursing, Faculty of Ariculture, Faculty of Humanities and Social Sciences, Faculty of Engineering, Faculty of Architecture, Faculty of Public Health, Faculty Public Administration, dan Faculty of Medicine.

Dalam kunjungan yang bertujuan untuk mempererat hubungan antara Khon Kaen University dan KBRI Bangkok ini, Khon Kaen University juga mendiskusikan sejumlah hal. Ketiga delegasi Khon Kaen University menyampaikan bahwa tahun lalu pihaknya telah mengunjungi tiga universitas di Indonesia, yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), dan Universitas Islam Indonesia (UII). Kunjungan itu dilakukan dalam rangka memperkuat kerja sama dalam bidang pendidikan dan penelitian antara Khon Kaen University dengan universitas-universitas tersebut.

Delegasi Khon Kaen University juga menginformasikan, pihaknya akan menyelenggarakan Active Recruitment Program pada tanggal 21 sampai dengan 25 Juni di Jakarta. Active Recruitment Program merupakan program penjaringan mahasiswa yang dilakukan oleh Khon Kaen University secara langsung tanpa melalui perantara biro konsultan pendidikan maupun lembaga sejenis lainnya. Prosedur-prosedur pendaftaran yang harus ditempuh oleh para calon mahasiswa akan dilaksanakan dalam Active Recruitment Program tersebut.

Pihak Khon Kaen University pun berdiskusi dengan pihak KBRI mengenai bagaimana cara meningkatkan jumlah mahasiswa Indonesia yang belajar di Khon Kaen University. Saat ini, di Khon Kaen University tercatat ada 6 mahasiswa program magister, 21 mahasiswa program doktor, 15 mahasiswa program pertukaran pelajar, dan dua pegawai asal Indonesia. Sebagian besar mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di Khon Kaen University merupakan penerima beasiswa dari universitas tersebut.

Di samping itu, mereka juga menanyakan perihal cara agar pihaknya dapat menjadi salah satu universitas yang masuk dalam daftar universitas tujuan LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan). Sebagaimana yang diketahui, LPDP merupakan salah satu lembaga pemberi beasiswa nasional bergengsi yang banyak memberi dana pendidikan bagi mahasiswa Indonesia untuk menempuh studi, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Melalui kunjungan ini, pihak Khon Kaen University berharap kegiatan Active Recruitment Program di Jakarta pada bulan Juni nanti dapat berjalan dengan lancar serta dapat menarik minat para calon mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan studinya di Khon Kaen University. Selain itu, mereka juga berharap di waktu mendatang semakin banyak mahasiswa Indonesia yang belajar di sana, terlebih jika Khon Kaen University dapat menjadi salah satu universitas tujuan LPDP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *