TENTARA KERAJAAN THAILAND PRAKTIK BELAJAR BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH INDONESIA BANGKOK

Senin (7/5/2018); Sekolah Indonesia Bangkok menerima kunjungan rombongan siswa Army Training Command Languages Center, Royal Thai Army (setingkat Seskoad di Indonesia). Rombongan  anggota Tentara Angkatan Darat Kerajaan Thailand yang dipimpin oleh Kolonel Pomnapa Kosakul ini diterima oleh Kepala Sekolah Indonesia Bangkok, Olih Sodikulhikmah. Turut mendampingi rombongan Letnan TNI Yudi yang merupakan guru Bahasa Indonesia mereka.

Dalam kegiatan kunjungannya mereka mempraktikan Bahasa Indonesia yang sudah dipelajari sejak 19 Februari 2018 dan akan berakhir pada 18 Mei 2018 mendatang. Belajar bahasa Indonesia merupakan salah satu persiapan dan bekal mereka sebelum ditugaskan untuk belajar kemiliteran di Indonesia.

Selama kunjungan, mereka berinteraksi dengan para siswa mulai dari jenjang SD, SMP dan SMA serta para guru. Mereka saling bertanya jawab mengenai hal-hal yang ada hubungannya dengan diri masing-masing dan Indonesia menggunakan Bahasa Indonesia yang sudah mereka pelajari sebelumnya.

Selanjutnya, mereka berkesempatan belajar memainkan alat musik angklung dibimbing oleh Iwan Gunawan guru Seni Budaya SIB. Dengan sangat antusias mereka berlatih dan akhirnya  mereka dapat memainkan lagu dengan alat musik angklung.

Pada akhir kegiatan, salah seorang perwakilan rombongan menyampaikan pidato dalam bahasa Indonesia, menyatakan terima kasih atas penerimaan SIB dan kesempatan yang mereka peroleh untuk berpraktik menggunakan bahasa Indonesia dengan warga SIB. Acara diakhiri dengan tukar menukar cendera mata di antara ke dua belah pihak yang dilakukan oleh Kolonel Pomnapa Kosakul mewakili rombongan Pusat Bahasa Seskoad Kerajaan Thailand dan Olih Sodikulhikmah mewakili SIB. Para peserta juga  memberi cendera mata kepada para siswa yang telah menemani mereka berlatih berkomunikasi dalam bahasa Indonesia.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *