Mahasiswa Unsoed Studi Banding ke KBRI Bangkok

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok Prof. Mustari didampingi oleh Kepala Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) Olih Sodikulhikmah menyambut kunjungan sejumlah dosen beserta lima puluh mahasiswa dari Universitas Jenderal Soedirman, pada Jumat 11 Mei 2018. Kunjungan dari dosen dan mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Jurusan Hubungan Internasional Universitas Jendral Soedirman itu dipimpin oleh Bapak Muhammad Yamin S.IP., M.Si selaku Ketua Jurusan Hubungan Internasional. Dalam kunjungan yang merupakan bagian dari studi banding mereka, para dosen dan mahasiswa menggali informasi tentang peran KBRI Bangkok dalam mempromosikan Indonesia ke dunia internasional, khususnya kepada masyarakat Thailand. Mereka juga antusias menanyakan perihal upaya apa saja yang sudah dilakukan oleh KBRI Bangkok.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan menjelaskan, KBRI Bangkok mempunyai koordinator fungsi dan atase-atase yang saling bekerjasama untuk menyelesaikan berbagai persoalan, khususnya persoalan terkait hubungan Indonesia – Thailand. KBRI Bangkok juga bertugas untuk melindungi warga negara Indonesia. Salah satu perannya adalah sebagai wadah utama untuk membantu warga negara Indonesia yang bermasalah di Thailand, bahkan sampai yang terlibat kasus hukum. Dalam hal ini, KBRI berperan untuk membantu menyelesaikan masalahnya.

Untuk mempromosikan Indonesia, KBRI Bangkok mengadakan berbagai acara guna memperkenalkan Indonesia kepada khalayak ramai di Thailand. Salah satu acara tersebut adalah peragaan busana dengan tema ‘Promosi Budaya Batik’ yang diselenggarakan pada tanggal 3 Mei 2018 lalu. Bekerja sama dengan Yayasan Batik Indonesia, KBRI Bangkok sebagai penyelenggara acara berharap melalui acara ini Indonesia semakin dikenal oleh masyarakat internasional.

Pertemuan ditutup dengan foto bersama dan penyerahan cinderamata dari Universitas Jenderal Soedirman kepada Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok. Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok pun memberikan tanda mata kepada perwakilan Universitas Jenderal Soedirman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *