Koordinasi Konferensi Internasional Bersama Mae Fah Luang University

Jumat 25 Mei 2018, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok Prof. Dr. Mustari, M.Pd menerima kunjungan dua mahasiswa Indonesia dari Mae Fah Luang University, Maya Dania dan Reni Chaniago, beserta ketua Persatuan Mahasiswa Indonesia Thailand (Permitha), Fadjar Mulya, di ruang kerja Atdikbud. Ketiga mahasiswa itu menemui Atase Pendidikan dan Kebudayaan dengan tujuan untuk melakukan finalisasi persiapan Asian Academic Society International Conference ke 6 (AASIC 6th). AASIC 6th merupakan sebuah konferensi internasional yang diselenggarakan oleh Persatuan Mahasiswa Indonesia di Thailand (Permitha) bekerja sama dengan Mae Fah Luang University dan didukung penuh oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand. Dengan mengusung slogan 6th AASIC is organized by PERMITHA (PPI Thailand) collaborated with Mae Fah Luang University and fully supported by the Embassy of the Republic of Indonesia for the Kingdom of Thailand, konferensi internasional ini akan diselenggarakan pada tanggal 8 – 10 November 2018 di gedung utama M-Square Mae Fah Luang University. Konferensi ini akan menjadi bagian dari rangkaian acara peringatan HUT ke-20 Mae Fah Luang University pada tanggal 25 September mendatang.

Thailand menerapkan persyaratan yang ketat sebagai syarat penyelenggaraan konferensi internasional. Penyelenggaraan konferensi internasional di Thailand ini terlebih dulu harus melewati proses pemeriksaan akademis yang panjang. Pemeriksaan akademis itu mencakup pemilahan jurnal serta pemenuhan reviewer abstract dan full paper yang harus memiliki minimal perwakilan dari empat negara dari benua yang berbeda. AASIC 6th telah memenuhi syarat-syarat tersebut, bahkan pihak Mae Fah Luang University pun menjamin kualitas akademis karya tulis yang akan dihasilkan dari penyelenggaraan acara ini. Beberapa jurnal terindeks, termasuk Scopus, juga akan segera dikonfirmasi untuk menjalin kerjasama dalam pelaksanaan acara ini.

Sejumlah pembicara ternama juga diundang untuk memaparkan kajian keilmuan mereka, di antaranya adalah Emeritus Professor Dr. Alberto G. Gomes dari La Trobe University Melbourne, Australia. Pembicara-pembicara lain berasal dari univeritas-universitas terkenal di Thailand.

Peserta konferensi ini tidak hanya akan mendapat ilmu dari para pembicara, melainkan mereka juga akan mendapatkan pelatihan menulis akademik (academic writing). Adapun bidang-bidang keilmuan yang dapat berpartisipasi dalam AASIC 6th ini meliputi Ilmu Keperawatan (Nursing), Kedokteran (Medical), Kedokteran Gigi (Dentistry), Ilmu Kesehatan (Health Science), Hukum, Seni, Humaniora, Mekanika, Ilmu Alam, Teknologi, Makanan, Industri, Perhotelan, Manajemen, serta topik-topik lain yang berkaitan dengan tema. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui situs aasic6mfu.com atau hubungi panitia melalui email: aasic6mfu@gmail.com.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok Prof. Dr. Mustari, M.Pd sangat mengapresiasi kerja keras para mahasiswa Indonesia yang terlibat dalam proses persiapan pelaksanaan konferensi internasional ini. Diharapkan, konferensi internasional AASIC 6th ini dapat mengulang kesuksesan AASIC 5th yang bekerja sama dengan Khon Kaen University, bahkan menorehkan prestasi baru yang akan memicu semangat adik-adik mahasiswa Indonesia yang akan menjadi panitia pada penyelenggaraan AASIC berikutnya.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok Prof. Dr. Mustari, M.Pd memberikan arahan kepada para mahasiswa Indonesia penyelenggara AASIC 6th
Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok Prof. Dr. Mustari, M.Pd beserta staf berfoto bersama delegasi mahasiswa Indonesia dari Mae Fah Luang University
Reni Chaniago (kanan), Fadjar Mulya (kedua dari kanan), serta Maya Dania (kiri) antusias menyimak arahan dari Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok (kedua dari kiri).
Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok memberi apresiasi tinggi terhadap kerja keras tim penyelenggara AASIC 6th

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *