Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2018

Pada tanggal 4 Juni 2018, bertempat di Ruang Ahmad Yani KBRI Bangkok, telah dilaksanakan upacara peringatan hari lahir Pancasila. Upacara dimulai sekitar pukul 08.30 waktu setempat. Upacara dihadiri oleh para home staf, local staf, dharma wanita, guru, dan siswa-siswi Sekolah Indonesia Bangkok. Upacara berlangsung khidmat dengan Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand Ahmad Rusdi bertindak sebagai pembina upacara.

Dalam upacara tersebut, Duta Besar membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo dalam rangka upacara peringatan hari lahir pancasila. Dalam sambutan Jokowi tersebut, Duta Besar menyampaikan bahwa Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa. Jokowi juga menyampaikan bahwa Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Jokowi juga mengajak masyarakat untuk menjadikan Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran. Dengan demikian, semangat dan energi kebersamaan diharapkan mampu membuat Indonesia berprestasi dan memenangkan kompetisi dalam ajang Asian Games dan Asian Paragames yang akan diselenggarakan tahun ini. Semangat Bhinneka Tunggal Ika harus selalu diperkokoh untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar, dan bangsa pemimpin.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok, Prof. Dr. Mustari, M.Pd  menyatakan peringatan hari lahir pancasila ini harus bisa dimanfaatkan sebagai ajang pengingat untuk terus memacu motivasi dan aktualisasi nilai-nilai pancasila, karena pada prinsipnya Pancasila adalah falsafah dan dasar negara untuk menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Melalui peringatan hari lahir Pancasila ini, Jokowi menghimbau rakyat Indonesia agar mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sehingga akan timbul rasa saling memiliki antara satu dengan yang lainnya dalam satu kesatuan yakni NKRI. Upacara kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *