Meriahnya Lomba Pidato dan Bercerita di KBRI Bangkok

Suasana di ruang Ahmad Yani KBRI Bangkok pada hari Minggu, 3 Juni 2018 tampak berbeda dari biasanya. Puluhan mahasiswa dengan seragam khas universitas masing-masing didampingi oleh para dosen pembimbingnya tampak memenuhi ruang Ahmad Yani yang sudah diatur sedemikian rupa hingga terlihat semarak. Mereka datang dari berbagai universitas di Thailand, tak terkecuali dari universitas yang berada di Thailand bagian utara maupun universitas di Thailand bagian selatan.

Hari itu, dengan penuh antusias mereka datang ke KBRI Bangkok untuk mengikuti lomba pidato dan bercerita. Lomba yang diinisiasi oleh Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini dimulai pada pukul 09:00 dan diakhiri pada pukul 15:30 waktu setempat.

Pelaksanaan lomba dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama diisi oleh lomba pidato. Perlombaan sesi pertama dimulai pada pukul 09:00 hingga pukul 11:30. Pada sesi ini, sebanyak dua belas peserta secara bergantian menunjukkan kepiawaiannya dalam menyampaikan pidato berbahasa Indonesia. Sesi kedua diisi oleh lomba bercerita. Lomba bercerita dimulai pada pukul 13:30 dan selesai pada pukul 15:30. Sebanyak empat belas peserta menampilkan cerita rakyat Indonesia dengan apik dan menarik.

Sebelum acara dimulai, Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand Ahmad Rusdi menyampaikan sambutannya. Dalam sambutannya, Duta Besar menyampaikan rasa harunya melihat kedekatan hubungan Indonesia dengan Thailand dapat terus terjaga sampai sekarang. Salah satu bentuk menjaga hubungan baik itu adalah antusiasme masyarakat Thailand dalam mempelajari bahasa Indonesia. Hubungan baik antara Indonesia dengan Thailand yang sudah lama terjalin dapat terlihat dari jejak-jejak peninggalan di kedua negara. Di Indonesia, ada Museum Nasional. Di depan museum itu diletakkan patung gajah yang merupakan peninggalan dari Raja Rama VII. Sebaliknya, di Thailand ada Kampung Jawa yang dihuni oleh orang-orang keturunan Jawa. Di sana juga terdapat sebuah masjid dengan nama Jawa Mosque dengan arsitektur khas masjid di Jawa Tengah.

Duta Besar menambahkan, kegiatan lomba pidato dan bercerita ini merupakan salah satu dari sekian banyak kegiatan-kegiatan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diselenggarakan di luar negeri. Nantinya peserta lomba yang terpilih untuk maju ke babak final hendaknya menunjukkan kemampuan berbahasa Indonesianya dengan baik dan penuh percaya diri.

Juara lomba pidato dan juara lomba bercerita dalam acara ini akan dikirim ke Jakarta pada bulan Agustus untuk mengikuti babak final dan bertanding dengan para juara dari negara-negara  lain. Selain itu mereka juga akan mengikuti serangkaian acara yang telah dirancang oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Salah satu kegiatan ini adalah mengikuti upacara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta.

Dewan juri yang terdiri atas Atase Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Mustari, M.Pd, Koordinator Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya Dodo Sudrajat, perwakilan guru Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) Bekti Nusantara, dan pengajar BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) dari PPSDK Kemdikbud Dhian Kurniawati sangat mengapresiasi semangat dan kemampuan para peserta lomba ini yang rata-rata sudah cukup baik. Atase Pendidikan dan Kebudayaan menambahkan, pihaknya berharap agar kegiatan ini dapat memberi kontribusi bagi internasionalisasi bahasa Indonesia. Atase Pendidikan dan Kebudayaan juga berharap agar juara lomba pidato dan juara lomba bercerita yang akan mewakili Thailand ke Indonesia nantinya mampu memperlihatkan kemampuan lebih untuk bersaing dengan juara-juara yang dikirim oleh 18 Atdikbud seluruh dunia. Selain itu, Atase Pendidikan dan Kebudayaan bersama pengajar BIPA di KBRI Bangkok akan memprogramkan para juara lomba ini menjadi pengajar BIPA yang baik.

Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand Ahmad Rusdi memberi sambutan sekaligus membuka acara lomba pidato dan bercerita di KBRI Bangkok
Peserta lomba pidato dan bercerita berfoto bersama dengan dewan juri dan panitia acara.
Salah satu peserta lomba pidato menampilkan kepiawaiannya dalam berbahasa Indonesia.
Salah satu peserta lomba bercerita tampak maksimal menunjukkan aksinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *