Bamboo School Thailand Undang Indonesia Kirimkan Guru Bahasa Inggris

Pagi hari sekitar pukul 10:00 waktu setempat, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok Prof. Mustari mendampingi Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand Ahmad Rusdi menerima kunjungan dari mantan Duta Besar Thailand untuk Chile, Mr. Surapon Petchvra. Meski secara resmi tidak ada kegiatan di KBRI Bangkok karena libur dalam rangka Idul Fitri, Duta Besar Ahmad Rusdi beserta Atase Pendidikan dan Kebudayaan tetap hangat menyambut kedatangan mantan Duta Besar Thailand untuk Chile tersebut.

Mr. Surapon Petchvra merupakan salah satu pengurus Bamboo School. Bamboo School sendiri merupakan sekolah yang baik siswa maupun gurunya tidak menjadikan kecerdasan numeral dan literasi sebagai fokus utama dalam kegiatan pendidikan, melainkan fokus pada keterampilan dan kecakapan hidup. Eksistensi Bamboo School diinisiasi oleh Mechai Viravaidya, seorang mantan politisi yang juga aktivis keluarga berencana dan pemerhati AIDS di Thailand.

Dalam kunjungannya, Mr. Surapon menyampaikan bahwa Bamboo School membutuhkan sejumlah guru bahasa Inggris dari Indonesia. Indonesia dipilih karena berdasarkan pengamatannya selama ini, kemampuan berbahasa Inggris orang Indonesia tergolong baik. Dengan demikian, pihaknya mengharapkan guru-guru bahasa Inggris dari Indonesia dapat datang ke Thailand dan mengajar di Bamboo School. Pihaknya akan menyediakan akomodasi, uang saku, dan sarana penunjang lain yang diperlukan untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar bahasa Inggris di Bamboo School.

Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand Ahmad Rusdi menyambut baik dan sangat mengapresiasi keinginan dari Bamboo School yang disampaikan oleh Mr. Surapon. Duta Besar akan membantu menjembatani keinginan Bamboo School dengan pihak Indonesia. Duta Besar juga meminta kerja sama Atase Pendidikan dan Kebudayaan untuk memfasilitasi Bamboo School mendapatkan guru bahasa Inggris sebagaimana yang mereka harapkan serta membantu menyalurkan guru-guru bahasa Inggris dari Indonesia agar dapat berkarya di luar negeri, khususnya di Thailand.

Mr. Surapon juga menyampaikan bahwa akan melakukan kunjungan ke Jakarta pada tanggal 28 – 30 Juni 2018 untuk melakukan tes calon mahasiswa Indonesia dengan beasiswa Khon Kaen University. Dalam kunjungan ke Indonesia itu, Mr. Surapon juga akan bertemu dengan pihak Kemristekdikti dan LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) Kementerian Keuangan. Selain itu, Mr. Surapon bersama dengan sejumlah kolega akan bermain golf di Royal Golf Jakarta dan Mountain View Bandung.

 

Mantan Duta Besar Thailand, Mr. Surapon Petchvra (tengah) diapit oleh Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand Mr. Ahmad Rusdi (kanan) beserta Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok Prof. Mustari (kiri).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *