KBRI Bangkok Sambut Kunjungan Forum Diskusi GBHN Pancasila

Forum Diskusi GBHN Pancasila mengunjungi Bangkok pada tanggal 25 – 29 Juli 2018.  Delegasi terdiri atas tujuh orang, yaitu: 1) Prof. Dr. Abdullah Mahmud Hendropriyono (Jend. TNI Purn), 2) Ibu Taty Hendropriyono, 3) Prof. Dr. Kaelan, 4) Prof. Dr. Lasiyo Hardjo Sugiyono, 5) Prof. Dr. Djoko Suryo, 6) Dr. Saifur Rohman, dan 7) Ibu Nita Elizabeth Tambayong. Tujuan kunjungan tersebut adalah untuk bersilaturahmi dengan Kepala Perwakilan beserta seluruh keluarga besar KBRI Bangkok dan melakukan diskusi pendalaman Garis-Garis Besar Haluan Negara Pancasila versi Forum Diskusi GBHN Pancasila.

Setibanya di KBRI, Forum Diskusi Pancasila dijamu (welcome dinner) oleh Duta Besar KBRI Bangkok Ahmad Rusdi di Wisma Duta Besar. Turut hadir, Atase Pendidikan dan Kebudayaan beserta Ibu, Atase Riset beserta Ibu, Koordinator Fungsi Politik, Koordinator Fungsi Ekonomi, Atase Laut beserta Ibu, Asisten Atase Pertahanan beserta Ibu, juga beberapa lokal staf.

Selain mengunjungi KBRI, delegasi ini mengunjungi tempat-tempat lain, yakni: Halal Science Center Chulalongkorn University, Wat Arun, Wat Po, Nong Nooch Pattaya, dan Pattaya View Point. Dalam kunjungan ke Halal Science Center Chulalongkorn University, delegasi Forum Diskusi GBHN Pancasila disambut langsung oleh Prof. Dr. Winai Dahlan. Di sana, Prof. Dr. Winai Dahlan memaparkan bahwa industri halal sudah semakin banyak dikembangkan di Thailand. Industri halal tersebut tidak hanya berfokus pada bidang makanan, tetapi juga kosmetik dan farmasi.

Di samping itu, dalam kunjungan ke Pattaya, Forum Diskusi Pancasila secara khusus melakukan diskusi dan perumusan Garis-Garis Besar Haluan Negara Pancasila versi Forum Diskusi GBHN Pancasila. Tindak lanjut dari kunjungan Forum Diskusi GBHN Pancasila di Bangkok ini adalah pertemuan dan diskusi intensif di Indonesia (Jakarta dan Yogyakarta) hingga pertemuan dengan lembaga pemerintah (MPR, DPR, BPIP, dan Presiden).

Sebagai penutup atas kunjungan tersebut, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok Prof. Dr. Mustari menjamu Forum Diskusi GBHN Pancasila di kediamannya dalam acara makan malam. Dalam suasana penuh keakraban tersebut, Prof. Dr. Abdullah Mahmud Hendropriyono menyampaikan pesan khususnya kepada generasi muda untuk terus berjuang mewujudkan cita-cita dan menjemput kesuksesan.

Gambar 1.0 Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok Prof. Dr. Mustari beserta Ibu menjemput delegasi Forum Diskusi Pancasila di Bandara Internasional Suvarnabhumi, Bangkok, Thailand.
Gambar 1.1 Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand menyambut delegasi Forum Diskusi Pancasila di Wisma Indonesia KBRI Bangkok.
Gambar 1.3 Delegasi Forum Diskusi Pancasila mengunjungi Wat Arun Community Learning Center dan berfoto bersama Hartanto Gunawan, pengurus Wat Arun Community Learning Center.
Gambar 1.4 Delegasi Forum Diskusi Pancasila mengunjungi Nong Nooch Pattaya.
Gambar 1.5 Pertemuan sekaligus Makan Malam Forum Diskusi GBHN Pancasila di Hotel Hilton Pattaya.
Gambar 1.6 Pertemuan dan jamuan makan malam delegasi Forum Diskusi GBHN Pancasila di kediaman Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok, Prof. Dr. Mustari di Baan Prukesasiri, Petchburi Road, Bangkok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *