Persiapan “Indonesian Day” Semakin Mantap

Sebagai pemantapan persiapan rangkaian acara “Indonesian Day” yang akan diadakan pada tanggal 8 September 2018, yang merupakan acara yang diadakan dalam rangka memperingati 68 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Thailand, pada tanggal 1 Agustus 2018, tim panitia dari Faculty of Liberal Arts, Thammasat University yang terdiri dari Wakil Dekan bidang Internasional, Direktur program Southeast Asian Studies, Kepala Kantor Hubungan Luar Negeri, serta para dosen ahli ilmu studi Indonesia, mengadakan pertemuan dengan Bapak Duta Besar RI, Ahmad Rusdi dan jajaran pajabat yaitu Atase Pendidikan dan Kebudayaan dan Koordinator Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI bertempat di Wisma Duta.

Dalam pertemuan tersebut disampaikan bahwa diharapkan peserta acara yang datang sekitar 300 orang.  Kemudian dibahas juga terkait para pembicara yang akan memberikan paparannya di dalam seminar yang mengangkat tema umum The Relationship between Thailand – Indonesia with ASEAN and the World yang dibagi menjadi di sub-tema yaitu (1) Indonesia – Thailand and ASEAN relations dan (2) Culture and Society in Indonesia yang dipastikan akan dipiilh pembicara yang berkompeten sehingga para peserta dapat memperoleh manfaat secara optimal.

Selain acara seminar, dalam rangkaian acara juga akan ditampilkan beberapa pertunjukan seni dari Indonesia dan Thailand oleh para penampil dari kedua negara dengan konsep lintas budaya misalnya pertunjukan gamelan oleh orang Thailand, pertunjukan tarian-tarian tradisional oleh siswa-siswa Sekolah Indonesia Bangkok, tarian Indonesia oleh penari Thailand, dan berbagai pertunjukan menarik lainnya.

Acara yang rutin diadakan ini sebagai wujud kerja sama antar kedua negara, Indonesia dan Thailand, melalui instansi pendidikan ternama, yang diharapkan dapat mempererat hubungan kedua negara serta membawa manfaat bagi kemajuan kedua negara dan juga ASEAN.

Gambar 1. Pembahasan persiapan pelaksanaan acara “Indonesian Day” 8 September 2018 di Thammasat University
Gambar 2. Foto bersama (dari kanan – kiri) 1. Miss Kannika Meesak, Head of International Affairs Office 2. Bp. Dodo Sudradjat, Koordinator Fungsi Pensosbud 3. D. On-anong, Lecturer of Indonesian Studies 3. Dr. Torpong Jamtawee, Director of Southeast Asian Studies Program 4. Bp. Ahmad Rusdi, Duta Besar RI 5. Miss Jiraporn Phornprapha, Associate Dean for International Affairs 6. Prof. Mustari, Atdikbud 7. Dr. Hamam Supriyadi, dosen bahasa Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *