Siam University Berencana Riset di Lereng Merapi

Kamis, 2 Agustus 2018, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok menerima kunjungan wakil dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Siam di ruang kerjanya. Turut hadir juga pengurus Wat Arun Community Learning Center, Hartanto Gunawan.

Dalam kunjungan tersebut, wakil dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Siam menyampaikan rencana mereka untuk melakukan riset mengenai dampak erupsi gunung Merapi di Yogyakarta. Riset itu akan berfokus pada dampak dari erupsi gunung Merapi bagi warga sekitar dan pada bagi lingkungan di sekitar gunung Merapi. Pihak Universitas Siam meminta bantuan kepada KBRI Bangkok untuk membantu dalam beberapa hal, meliputi penyampaian data, komunikasi dengan pihak-pihak terkait, serta pencarian partner riset. Universitas Siam juga berencana untuk mengajak salah satu perwakilan universitas di Indonesia atau universitas yang ada di sekitar Yogyakarta untuk melakukan riset bersama dan menjadi partner mereka.

Riset bersama ini rencananya juga akan dilaksanakan oleh tim dari Universitas Siam beserta satu universitas mitra yang ada di Indonesia dengan biaya pembuatan riset bersama. Mengenai teknis acara, waktu pelaksanaan program riset, serta mekanisme pembiayaan akan dibicarakan menyusul oleh pihak Universitas Siam dan pihak Atdikbud KBRI Bangkok. Selama proses ini, pihak Universitas Siam berencana untuk membuat proposal mengenai kelengkapan teknis dan pembiayaan selama riset dilakukan. Universitas Siam meminta waktu untuk menyusun proposal dan jika sudah selesai akan diadakan kembali pertemuan antara kedua belah pihak sebagai tindak lanjut program ini.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok menyambut baik kunjungan wakil dekan Universitas Siam dan mengapresiasi rencana yang mereka kemukakan. Atase Pendidikan dan Kebudayaan juga menyampaikan siap memfasilitasi rencana tersebut. Sebelum bertolak meninggalkan KBRI, wakil dekan Universitas Siam berkesempatan untuk bertemu dengan Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand Ahmad Rusdi.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok (kedua dari kiri) menyerahkan cinderamata kepada perwakilan Universitas Siam Bangkok (kanan). Turut hadir juga pengurus Wat Arun Community Learning Center, Hartanto Gunawan (kiri).
Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand Ahmad Rusdi (kedua dari kiri) didampingi Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok (kiri) menyambut kedatangan wakil dekan dari Universitas Siam Bangkok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *