Bimbingan Teknis Mahasiswa Penerima Beasiswa Darmasiswa di KBRI Bangkok

Bangkok, 10 Agustus 2018 – KBRI Bangkok menyelenggarakan bimbingan teknis bagi sejumlah mahasiswa Thailand yang lolos seleksi sebagai penerima beasiswa Darmasiswa. Di ruang A. Yani, sebanyak 14 mahasiswa Thailand yang berdomisili di Bangkok hadir dalam bimbingan teknis tersebut. Bimbingan teknis tersebut dipandu oleh staf Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Sari Suharyo. Turut hadir pula Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Mustari, M.Pd beserta staf lainnya dan mahasiswa yang sedang magang di kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok.

Beasiswa Darmasiswa merupakan program beasiswa yang ditawarkan kepada semua mahasiswa asing yang negaranya memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia. Mahasiswa yang lolos dalam seleksi sebagai penerima beasiswa ini akan diundang ke Indonesia untuk mempelajari bahasa, kesenian, dan kebudayaan Indonesia. Para penerima beasiswa dapat memilih universitas yang terdaftar dan mereka akan menjalani program ini selama satu tahun. Program ini diadakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Kementrian Luar Negeri setiap tahun.

Tahun ini, mahasiswa Thailand yang mendapatkan beasiswa Darmasiswa berjumlah 52 orang. Sebanyak 17 mahasiswa berasal dari Bangkok dan sekitarnya dan 35 mahasiswa berasal dari wilayah Thailand selatan. Di Indonesia, para penerima beasiswa Darmasiswa ini akan ditempatkan di sejumlah universitas, meliputi universitas yang ada di Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Jogja, Semarang, Surakarta, Malang, Surabaya dan Bali.

Pada pertemuan ini, para penerima beasiswa itu diberi penjelasan tentang berbagai informasi mengenai Indonesia. Informasi-informasi tersebut meliputi informasi mengenai geografis Indonesia, kota-kota tujuan tempat universitas tujuan para penerima beasiswa Darmasiswa, hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di Indonesia, serta informasi umum lainnya.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok, Prof. Dr. Mustari, M.Pd menyampaikan ucapan selamat atas diterimanya mereka sebagai salah satu dari sekian banyak penerima beasiswa Darmasiswa dari seluruh dunia. Atase Pendidikan dan Kebudayaan juga berpesan kepada para mahasiswa agar selalu menjaga diri selama berada di Indonesia. Sebagai penutup, Atase Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan bahwa pihaknya akan menunggu mahasiswa tersebut di KBRI Bangkok untuk menceritakan pengalaman mereka selama berada di Indonesia pasca program beasiswa mereka selesai.

Sari Suharyo memberikan informasi mengenai Indonesia kepada Mahasiswa penerima Beasiswa Darmasiswa.
Disaksikan oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Sari Suharyo dan Dhian Kurniawati selaku sstaf Atase Pendidikan dan Kebudayaan mempraktikkan sejumlah kebiasaan yang lazim dilakukan di Indonesia. Salah satunya adalah cara bersalaman anak-anak kepada orang yang lebih tua.
Mahasiswa penerima beasiswa Darmasiswa mendengarkan penjelasan dengan saksama.
Salah satu informasi yang diberikan kepada seluruh mahasiswa penerima beasiswa Darmasiswa oleh KBRI Bangkok.
Mahasiswa penerima Beasiswa Darmasiswa berfoto dengan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok, Prof.Dr.Mustari,M.Pd dan staff Atdikbud KBRI Bangkok Sari Suharyo, Adul Leesen dan Dhian Kurniawati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *