Prestasi Cemerlang Indonesia pada IESO 2018

Jumat 17 Agustus 2018, KBRI Bangkok menerima kunjungan tim International Earth and Science Olympiad (IESO) 2018 asal Indonesia. Walaupun sedang dalam masa libur, kunjungan itu tetap disambut hangat oleh Koordinator Fungsi Pensosbud, Dodo Sudrajat. Mewakili Atase Pendidikan dan Kebudayan, Koordinator Fungsi Pensosbud menyambut tim yang terdiri atas tiga dosen pembimbing dan empat siswa peserta IESO 2018.

International Earth and Science Olympiad 2018 yang berlangsung di Mahidol University Kanchanaburi merupakan perhelatan IESO yang ke-12. Kompetisi tahunan ini menguji kemampuan ilmu geologi, meteorologi, oseanografi, dan astronomi para pesertanya. Tahun ini, tim Indonesia berhasil meraih 3 medali emas, 2 medali perak dan 3 medali perunggu. Medali emas diraih oleh Naufal Dean Anugrah dan Geoffrey Tyndall. Sementara itu, medali perak diraih oleh Abraham Karel dan medali perunggu diraih oleh Lintang Ambar Pramesti.

Selain raihan medali dari kompetisi individu, tim Indonesia juga memenangi penghargaan atas kategori lomba berkelompok (ESP dan ITFI). Dengan perolehan tersebut, Indonesia berhasil menempati peringkat ke 3 dari 39 negara yang berpartisipasi. Prestasi Indonesia di IESO 2018 merupakan prestasi terbaik Indonesia selama 12 kali mengikuti kompetisi ini.

Para siswa yang dipilih untuk mengikuti kompetisi ini adalah siswa-siswa pilihan dari seluruh Indonesia dan telah melewati berbagai seleksi. Terdapat 4 rangkaian pembinaan yang harus dilewati oleh para siswa. Pembinaan itu dilaksanakan di Bandung dan Yogyakarta selama 3 bulan pada akhir 2017 hingga sebelum keberangkatan pada 2018.

Koordinator Fungsi Pensosbud Dodo Sudrajat mengucapkan selamat kepada para siswa yang telah menorehkan prestasi di ajang kompetisi internasional ini. Diharapkan, keikutsertaan para siswa dalam kompetisi internasional ini dapat menambah wawasan dan pengalaman sehingga mereka mampu mengembangkan minat dan bakatnya.

Para peserta dan pembina IESO 2018 dari Indonesia berfoto bersama Koordinator Fungsi Pensosbud Dodo Sudrajat, serta perwakilan staf Atdikbud KBRI Bangkok Dhian Kurniawati.
Dodo Sudrajat memberikan kenang-kenangan kepada para tim IESO 2018 yang diwakilkan oleh Zadrach L. Dupe selaku pembina.
Para peserta dan pembina melakukan pertemuan dengan minister konselor penerangan sosial dan budaya, Dodo Sudrajat dan Dhian Kurniawati selaku staff Atdikbud KBRI Bangkok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *