ALSA Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Kunjungi KBRI Bangkok

Bangkok, 27 Agustus 2018 ― KBRI Bangkok menerima kunjungan dari Asian Law Student Association (ALSA) Fakultas Hukum Universitas Brawijaya. Kunjungan dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2018. Sebanyak 23 mahasiswa melakukan kunjungan ke KBRI Bangkok dan disambut oleh Minister Konselor Penerangan Sosial dan Budaya, Dodo Sudrajat. Pertemuan ini berlangsung di Ruang A. Yani KBRI Bangkok.

Dalam pertemuan ini, Minister Konselor Penerangan Sosial dan Budaya menjelaskan perihal fungsi KBRI Bangkok secara umum. KBRI Bangkok memiliki fungsi dalam pelayanan konsuler, perlindungan warga negara Indonesia di Thailand, dan sebagai badan hukum.

Disebutkan pula bahwa KBRI Bangkok merupakan satu – satunya perwakilan resmi yang menghubungkan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Thailand. Kerja sama antara Indonesia dan Thailand pun sampai saat ini selalu berjalan dengan sangat baik. Kerja sama tersebut meliputi bidang ekonomi, perdagangan, pariwisata, hingga investasi.

Setelah Minister Konselor Penerangan Sosial dan Budaya melakukan pemaparannya, beberapa mahasiswa dari ALSA Fakultas Hukum Universitas Brawijaya mengajukan sejumlah pertanyaan. Salah satu pertanyaan itu terkait dengan kualifikasi yang diperlukan untuk menjadi seorang duta besar. Selain itu, ada pula yang menanyakan perihal mekanisme yang digunakan oleh Pemerintah Thailand sehingga mampu menjangkau semua daerahnya secara merata.

Merespon pertanyaan tersebut, Minister Konselor Penerangan Sosial dan Budaya menjelaskan bahwa jabatan duta besar diseleksi oleh DPR dan penentuannya merupakan hak prerogatif presiden. Menjawab pertanyaan berikutnya, Minister Konselor Penerangan Sosial dan Budaya menyampaikan bahwa operasional pemerintahan dijalankan oleh menteri dan pemda. Selain itu, raja Thailand juga sangat baik dalam menjalankan proyek-proyek pembangunan di setiap daerah. Banyak sekali program yang timbul atas inisiatif raja. Kerja sama antara raja dan pemerintah juga berjalan dengan sangat baik.

Pertemuan ini diakhiri dengan penyerahan plakat yang diberikan oleh Riski Bahrudin selaku Manager Law Division ALSA Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya kepada Minister Konselor Penerangan Sosial dan Budaya, Dodo Sudrajat.

Minister Konselor Penerangan Sosial dan Budaya, Dodo Sudrajat, menerima persembahan plakat dari Riski Bahrudin selaku Manager Law Division ALSA Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya.
Minister Konselor Penerangan Sosial dan Budaya, Dodo Sudrajat, menyampaikan pemaparannya di depan mahasiswa ALSA Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya.
Rezi, anggota ALSA Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, mengajukan pertanyaan terhadap Minister Konselor Penerangan Sosial dan Budaya, Dodo Sudrajat.
Minister Konselor Penerangan Sosial dan Budaya, Dodo Sudrajat, berfoto dengan mahasiswa dari ALSA Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *