Casio dan Kemdikbud Rintis Jalan SMK Mendunia

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok menerima kunjungan dari Sekretaris Pribadi dan Staf Khusus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI serta dua perwakilan dari PT. Casio Indonesia pada hari Senin, 3 September 2018 pukul 3 sore waktu setempat. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka persiapan pemberangkatan siswa SMK yang akan melakukan praktek kerja lapangan di pabrik Casio Thailand. Pembahasan mengenai perizinan imigrasi dan pelaksanaan program praktek kerja lapangan internasional ini pun bergulir dengan hangat. Kunjungan ini juga merupakan tindak lanjut atas kunjungan ke pabrik Casio yang telah dilakukan beberapa waktu sebelumnya.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan, untuk dapat melakukan praktek kerja lapangan di Thailand, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pihak sekolah serta siswa itu sendiri. Beberapa hal tersebut di antaranya adalah bagaimana ketentuan dalam nota kesepahaman yang menjadi landasan kegiatan praktek kerja lapangan internasional ini. Setiap butir pernyataan dalam nota kesepahaman harus dipahami dengan baik dan benar oleh kedua belah pihak. Hal lain yang harus diperhatikan adalah izin tinggal di Thailand. Pengaturan waktu praktek kerja lapangan dan proses pengurusan izin tinggal hendaknya diperhitungkan dengan matang serta tidak terburu-buru untuk menghindari terjadinya ketidakcocokan agenda kegiatan.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan mengapresiasi rencana praktek kerja lapangan ini. Jika praktek kerja lapangan yang direncanakan dapat dilaksanakan dengan baik, hal itu dapat membuka wawasan masyarakat Indonesia, khususnya para siswa SMK, bahwa mereka memiliki ruang untuk berkarya tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri. Berkarya di luar negeri tentu menjadi tantangan dan peluang tersendiri bagi mereka serta menjadi salah satu bukti bahwa kualitas lulusan SMK Indonesia diakui internasional.

 

Perwakilan Casio Indonesia (kedua dari kanan) memberikan cinderamata kepada Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok (tengah).
Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok berdiskusi dengan Sekretaris Pribadi dan Staf Khusus Mendikbud RI serta perwakilan dari Casio Thailand di ruang kerja Atdikbud KBRI Bangkok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *