Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga Kunjungi KBRI Bangkok

Senin, 17 September 2018, KBRI Bangkok menerima kunjungan dari mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga. Kunjungan tersebut disambut hangat oleh koordinator Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Mustari M. Pd. Pada kunjungan tersebut Prof. Dr. Mustari M. Pd membuka sesi bincang-bincang serta tanya jawab kepada mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana. Prof. Dr. Mustari M. Pd juga memberi penjelasan terkait foto para mantan Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand yang terpampang pada dinding ruang rapat Ahmad Yani, KBRI Bangkok.

Dalam pertemuan itu, Prof. Dr. Mustari M. Pd menyampaikan sejumlah informasi mengenai seluk beluk pendidikan di Indonesia dan Thailand. Pemerintah Thailand juga banyak memberikan subsidi untuk kegiatan-kegiatan pendidikan, khususnya kegiatan pendidikan di lembaga pendidikan yang dikelola oleh pemerintah Thailand.

Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana tidak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk mengajukan sejumlah pertanyaan kepada Atase Pendidikan dan Kebudayaan. Beberapa pertanyaan itu di antaranya adalah mengenai situasi hubungan bilateral Indonesia dan Thailand, ada atau tidaknya kejahatan transnasional di Thailand, dan apa yang membuat rakyat Thailand begitu patuh kepada rajanya.

Berdasarkan jawaban yang disampaikan oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan, terdapat kesimpulan yang dapat dipahami yaitu: tidak ada masalah dalam hubungan kerja sama Indonesia dan Thailand, kejahatan transnasional WNI/TKI di Thailand sangat rendah, Indonesia dengan Thailand memiliki banyak kerja sama yang berjalan dengan baik khususnya dalam sektor pariwisata. Atase Pendidikan dan Kebudayaan juga menyampaikan bahwa rakat Thailand sangat menghormati rajanya karena raja dianggap Patron. Falsafah tersebut berpengaruh besar bagi perilaku warganya.

Pemaparan Atase Pendidikan dan Kebudayaan itu menandai akhir dari pertemuan mereka. Pertemuan ditutup dengan penyerahan plakat dan pertukaran cindera mata antara Atase Pendidikan dan Kebudayaan kepada perwakilan dari Universitas Kristen Satya Wacana.

Para Mahasiswa serta perwakilan dari Universitas Kristen Satya Wacana berfoto bersama Koordinator Atase Pendidikan dan Budaya Prof. Dr. Mustari M. Pd.
Prof. Dr. Mustari M. Pd memberikan plakat kepada perwakilan Universitas Kristen Satya Wacana.
Para mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana melakukan pertemuan dengan Koordinator Atase Pendidikan dan Budaya KBRI Bangkok, Prof. Dr. Mustari M. Pd.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *