Kelas Bahasa Indonesia Kalangan Profesional Thailand

Sebanyak 22 peserta dari 31 pendaftar kelas BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing) hadir dalam kelas perdana yang diselenggarakan di ruang Ahmad Yani KBRI, Selasa 9 Oktober 2018. Peserta kelas BIPA ini berasal dari sejumlah instansi  mitra KBRI Bangkok. Instansi tersebut adalah adalah Royal Thai Army, Suan Sunandha Rajabhat University, Office of The Higher Education Commision Ministry of Education Thailand, Suan Dusit University, Office of The Vocational Education Commision Ministry of Education Thailand, Office of The Civil Service Commision, National Intteligence Agency, Economic Crime Suppresion Division Central Investigation Bureau, Faculty of Home Economics Technology RMUTP, Ministry of Tourism and Sports, Tourism Authority of Thailand, Immigration Bureau Royal Thai Police, Parliament (Thai National Assembly), The Administrative Court, Science and Technology Thammasat University, Directorate of Operations Royal Thai Airforce, Thammasat University, dan Santichon Islamic School.

Kelas BIPA di KBRI Bangkok tahun ini diselenggarakan mulai tanggal 9 Oktober hingga 6 Desember. Dengan frekuensi dua kali seminggu (Selasa dan Kamis), peserta akan mendapatkan materi-materi bahasa dan budaya Indonesia. Kelas tersebut diselenggarakan pada sore hari setelah selesai bekerja di instansinya masing-masing. Para peserta kelas BIPA ini akan dibagi ke dalam dua kelas. Dalam setiap kelas, ada satu pengajar yaitu Sari Suharyo (staf Atase Pendidikan dan Kebudayaan) dan Dhian Kurniawati (pengajar BIPA PPSDK Kemdikbud).

Dalam pembukaan kelas BIPA itu, mewakili Dubes, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok Prof. Dr. Mustari, M.Pd. memberi sambutan sekaligus membuka kelas perdana ini. Dalam sesi sambutan tersebut Atase Pendidikan dan Kebudayaan menyapa satu per satu para peserta dalam bahasa Indonesia dan menyampaikan selamat mengikuti kelas bahasa Indonesia yang setiap tahun ditunggu oleh kalangan pejabat pemerintah Thailand. Para peserta sangat antusias, bahkan ada sejumlah peserta yang membalas sapaan tersebut dalam bahasa Indonesia.

Kelas BIPA ini merupakan salah satu media untuk semakin merekatkan hubungan Indonesia khususnya KBRI Bangkok, dengan pemerintah dan masyarakat Thailand. Diharapkan setelah mengikuti kelas bahasa Indonesia, para peserta dapat berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dan hal itu dapat mendorong kelancaran aktivitas internasional antara Indonesia dan Thailand, baik itu dalam bidang akademik, ekonomi, pertahanan dan keamanan, serta bidang-bidang lainnya, tutur Prof. Mustari yang kemudian mengakhiri sambutannya dengan declare resmi membuka kelas BIPA 2018 dan langsung mengajak semua peserta untuk foto bersama.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok Prof. Dr. Mustari, M.Pd. (tengah), Sari Suharyo (kanan) dan Dhian Kurniawati (kiri) bersama peserta kelas BIPA kalangan profesional Thailand.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *