Pramuka Penegak Kwarda Jatim Wirakarya di Bangkok

Pada Selasa, 9 Oktober 2018  bertempat di Wisma Indonesia KBRI Bangkok telah berlangsung penyambutan para kontingen Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Jawa Timur – Indonesia. Acara ini disambut oleh Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand, Ahmad Rusdi. Sebelum memulai sambutannya, Dubes memberikan salam pramuka kepada para hadirin untuk menciptakan rasa semangat. Beliau menyampaikan, “Menjadi bagian dari gerakan pramuka merupakan sebuah kebanggaan karena ini bertujuan untuk membina anak didik sehingga kelak dikemudian hari menjadi anak yang berkualitas, jujur, mau bekerja, rela berkorban dan harapannya akan menjadi pemimpin bangsa. Ini semua telah saya rasakan dan lakukan selama mengabdikan diri untuk gerakan Pramuka.”

 

“Ketika hasduk, kacung, dan seragam pramuka kita kenakan, tentunya di situ atribut dan jiwa kita benar-benar mendasari. Dengan tri satria dan dasa darma pramuka tentunya ini semua harus kita junjung tinggi, laksanakan, dan abdikan untuk bangsa dan negara serta warga masyarakat Indonesia,” tambah Dubes Ahmad Rusdi.

 

Dalam kesempatan itu, perwakilan dari Kwarda Jawa Timur Hariadi P.W. memaparkan, “Kontingen penegak ini dijaring dari 11 zona di Kwarda Jatim yang dimana setiap zona ada 1000 anggota Pramuka, total keseluruhan sekitar 11 ribu orang. Perwakilan kontingen gerakan pramuka yang ada di Bangkok ini adalah putra putri terpilih dari Festival Wirakarya Kampung Kelir Pramuka 2018. ”

 

Keenambelas kontingen yang tiba di Bangkok ini merupakan 8 putra dan 8 putri terbaik dan peraih medali emas pada acara kegiatan festival tersebut. Mereka telah melewati berbagai proses seleksi mengenai wawasan pengetahuan umum dan kepramukaan. Selanjutnya Hariadi menjelaskan 16 penegak pramuka ini berasal dari berbagai kota dan Kabupaten di Jawa Timur meliputi Kota dan Kabupaten Blitar, Lumajang, Pasuruan Kabupaten, Sidoarjo, Trenggalek, Bangkalan, Bojonegoro, Malang Kabupaten, Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Nganjuk dan Pacitan.

 

“Diharapkan mereka bisa mempelajari perilaku dan semangat kerja ketika sepulang dari Thailand mereka berani merubah perilaku dan kinerja lebih baik,” imbuh Kakak Hariadi. Panggilan kakak merupakan sapaan akrab untuk gerakan pramuka dalam setiap pertemuan atau kegiatan.

 

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir juga, Atase Pendidikan dan Kebudayaan RI Prof. Dr. Mustari, M.Pd., Koordinator Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya Dodo Sudrajat, Koordinator Fungsi Politik Abdullah Zulkifli dan Kepala Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) Olih Sodikulhikmah. (thw).

Duta Besar RI Ahmad Rusdi dengan Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur.
Penyerahan Cinderamata dari Kwarda Pramuka Jawa Timur kepada Duta Besar RI Ahmad Rusdi
Putra penegak pramuka unjuk bakat di Wisma Indonesia, Bangkok
Kontingen Gerakan Pramuka Jawa Timur Goes to Thailand di Bangkok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *