Mahasiswa Ilmu Gizi Lebarkan Sayap Penelitian

Kamis, 18 Oktober 2018 sekitar 50 mahasiswa dan 2 dosen Jurusan Ilmu Gizi dari Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor (IPB) mendatangi Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand di Bangkok. Kunjungan rombongan ini didampingi 4 mahasiswa Permitha (Persatuan Mahasiswa Indonesia Thailand). Kunjungan  ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa Ilmu Gizi IPB dengan melakukan diskusi terbuka dan studi banding. Studi banding dilakukan ke beberapa universitas yang memiliki jurusan ilmu gizi seperti, Universitas Mahidol, Universitas Chulalong Korn, Universitas Kasetart. Harapannya, dalam kunjungan ini dapat meningkatkan dinamika kerjasama penelitian antar mahasiswa. Karena sejauh ini kerjasama yang terbentuk masih dalam taraf dosen dengan dosen.

Dalam kunjungan ini para mahasiswa sangat terkesan dengan pariwisata Thailand. Hal tersebut disebabkan kesiapan dari segi infrastruktur maupun masyarakatnya yang sangat baik. Atase Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Mustari M,Pd. dalam sambutannya menjelaskan beberapa hal seperti kondisi hubungan Indonesia dan Thailand yang berjalan sangat baik selama ini. Selain itu beliau juga menjelaskan usaha persiapan Thailand ini telah dimulai sejak lama. Sebanyak 44 provinsi Thailand dipersiapkan untuk menjadi provinsi pariwisata yang menarik kurang lebih 35 juta wisatawan per tahun.

Setelah menyampaikan sambutan, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, pertanyaan pertama disampaikan oleh Aldi mengenai kesiapan Indonesia dalam menghadapi (Asean Economy Comunity) AEC dan bagaimana mahasiswa yang kelak akan menjadi bagian dari AEC yang dapat bersaing sehat dengan masyarakat internasional. Atase Pendidkan dan Kebudayaan lalu memberikan ide untuk mempersiapkan diri dengan menguasai berbagai bahasa, contohnya jika tertarik bekerja Thailand maka fokuskan langkah awal dengan memulai belajar bahasa. Selain itu, ide lain dari beliau adalah dengan membuka “Thailand Corner” di IPB sebagai bentuk kerjasama yang erat dengan instansi pendidikan Indonesia, utamanya IPB dan Thailand.

Selanjutnya pada akhir acara, mahasiswa Permitha menjelaskan bagaimana cara mendapatkan beasiswa serta bagaimana menjalani kehidupan akademis di Thailand. Hal ini tentunya menjadi hal yang penting bagi mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan di Thailand terutama dalam bidang ilmu gizi.

 

Sesi pemberian cendera mata IPB dari Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok
Atase Pendidikan dan Kebudayaan berfoto bersama rombongan IPB dan Permitha
Permitha menjelaskan proses mendapat beasiswa dan kehidupan akademis di Thailand

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *