Acara “Cultural Night” Melengkapi Kesuksesan Konferensi Internasional 6th ASSIC

Dalam rangkaian konferensi internasional AASIC ke-6, sebagai penyambutan kedatangan para peserta, pada malam tanggal 8 November 2018 digelar acara “Cultural Night” yang diramaikan dengan pertunjukan seni budaya dari Thailand dan Indonesia serta gerai-gerai kuliner khas Indonesia dan Thailand.  Pembukaan acara malam budaya ditampilkan tarian penyambutan dari Thailand yaitu Lanna Traditional Dance oleh mahasiswa MFU, dilanjutkan dengan penampilan tarian klasik Jawa, tari Kelana Topeng oleh staf Atdikbud KBRI Bangkok.

Pada kesempatan tersebut hadir rektor MFU beserta jajaran dosen MFU, Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Mustari, Koordinator Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya, Dodo Sudradjat, Atase Imigrasi, Wahyu Eka Putra, tim Permitha, pembicara, pemakalah dan para peserta.  Rektor MFU, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada para peserta yang telah hadir dan semoga hari ini dan besok bermanfaat bagi semuanya.  Selain rektor, Prof. Mustari juga menyampaikan terima kasih kepada pihak Mae Fah Luang yang telah bersedia menjadi tuan rumah kali ini dan diharapkan kerja sama yang baik ini dapat terjalin terus sampai masa yang akan datang.

Acara dilanjutkan dengan prosesi khas budaya Indonesia yaitu acara pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh rektor MFU dan Atdikbud, KBRI Bangkok. Setelah tumpengan, acara dilanjutkan dengan berbagai pertunjukan seni budaya misalnya tari nusantara, pertunjukan angklung, tari tradisional, dan menyanyi yang semuanya ditampilkan bersama oleh mahasiswa Indonesia dan mahasiswa Thailand sebagai cerminan persahabatan kedua negara yang sangat erat.

Selain dapat menikmati pertunjukan, para peserta juga disajikan aneka makanan khas Indonesia dan Thailand seperti pecel, sate ayam dan sayuran dengan bumbu pedas khas utara, es krim kelapa, pisang ketan, phat thai, som tam dan lain-lain.  Acara tersebut berlangsung secara meriah dan peserta tampak antusias menikmati berbagai pertunjukan dan sajian yang disediakan.

Atdikbud memberikan potongan tumpeng kepada rektor MFU
Penampilan Tari Kelana Topeng
Mahasiswa Thailand mengenakan busana tradisional Indonesia
Para peserta dari mancanegara mencoba bermain angklung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *