Workshop Budaya Sumbar di Sekolah Indonesia Bangkok

Kamis, 22 November 2018, rombongan misi budaya Pemda Provinsi Sumatera Barat dipimpin oleh Ibu Gubernur Sumatera Barat mengunjungi Sekolah Indonesia Bangkok (SIB), untuk mengadakan workshop budaya Minang. Dalam workshop ini, para siswa diperkenalkan dan diajarkan langsung mengenai tarian Minang yaitu Tari Rantak, Tari Randai, dan juga musik tradisional Minang yaitu Talempong. Acara workshop ini termasuk dalam rangkaian acara promosi budaya provinsi Sumatera Barat ke Thailand, yang diharapkan bisa membuat masyarakat Indonesia di Thailand dan juga warga negara asing tertarik dengan kebudayaan khas Provinsi Sumatera Barat dan tertarik berkunjung ke Sumatera Barat. Secara langsung, acara workshop ini disambut oleh Anita Rusdi selaku Ibu Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand.

 

Dalam kesempatan ini, hadir pula rombongan pengisi acara INDOFEST yang diselenggarakan pada 23 November 2018 dalam rangka memperingati 68 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Thailand, di Music Hall, Office of Arts and Culture, Chulalongkorn University, di antaranya, perwakilan Angklung Web Institute, LP3i Bandung, Color of Indonesia yang bekerja sama dengan MAN 9 Jakarta, Djiantika Dance Group, dan siswa-siswi SMP 5 Bandung. Dalam acara INDOFEST tersebut, masing-masing perwakilan dari Indonesia menampilkan kesenian daerah diantaranya; Angklung Web Institute menampilkan irama Arumba, Layeutan Sora (lagu asal Sunda), siswa-siswi MAN 9 Jakarta dengan Tari Kinari, Djiantika Dance Group dengan Tari Enggang, Politeknik LP3i Bandung dengan Indonesian Folk Medley dan penampilan tari-tari kesenian daerah yang diperagakan oleh West Sumatera Cultural Promotion Group.

Foto bersama Atase Pendidikan dan Kebudayaan dengan Angklung Web Institute, Color of Indonesia dan staff Atase Penerangan Sosial dan Budaya.
Foto bersama Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Ibu Duta Besar Anita Rusdi, Kepala Sekolah SIB, Olih Sodikulhikmah, Ibu Gubernur Sumbar, DWP KBRI Bangkok, dan jajaran Pemerintah Daerah Sumatera Barat.
Ibu Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Thailand, Anita Rusdi, saat memberikan sambutan.
Foto bersama Atase Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Mustari, dengan kepala sekolah SIB Bapak Olih Sodikulhikmah di halaman Sekolah Indonesia Bangkok dan
Siswa-siswi SMP 5 Bandung dan MAN 9 Jakarta.
Penampilan Tari Rantak diiringi dengan Musik Talempong.
Siswa-siswi Sekolah Indonesia Bangkok belajar menari Tari Rantak bersama-sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *