Sukseskan Rencana Pertukaran Pelajar, Atdikbud Bangkok Temui Gubernur DKI Jakarta

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok Prof. Dr. Mustari, M.Pd. melakukan sejumlah kunjungan ke beberapa tempat di Indonesia pada 15 – 21 November 2018. Didampingi  Kepala Sekolah Indonesia Bangkok Olih Sodikulhikmah, dengan agenda utama melakukan audiensi dengan Gubernur DKI Jakarta serta melakukan pertemuan dengan Pimpinan Jaya Suprana School of Performing Arts (JSSPArts), Jaya Suprana.

Dalam audiensi itu, Atase Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan sejumlah poin penting, khususnya terkait dengan kerja sama pendidikan. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyambut baik usulan program Gubernur Bangkok mengenai pertukaran pelajar antara Pemerintah Propinsi Bangkok dan Pemerintah Propinsi DKI Jakarta. Gubernur DKI Jakarta meminta Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Kepala Bagian Kerja Sama Luar Negeri, untuk menindaklanjuti. Ada beberapa catatan dari Gubernur DKI Jakarta mengenai pelaksanaan program ini, di antaranya adalah meminta agar tindak lanjut program ini dilakukan dengan pengelolaan yang baik, karenanya, harus dicari pengelola yang profesional dan berpengalaman dalam bidang pertukaran pelajar.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan juga melakukan pertemuan dengan Jaya Suprana terkait dengan rencana Pagelaran Kesenian Nusantara yang akan dilaksanakan di KBRI Bangkok pada 15 Desember 2018. Dalam pertemuan itu, Atdikbud membahas sejumlah hal teknis serta hal-hal lain yang perlu disiapkan untuk menunjang kelancaran acara.

Secara terpisah dalam waktu yang berbeda, dilakukan diskusi dan penyampaian informasi mengenai peluang kemitraan pendidikan di Thailand dengan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Magelang, dan Universitas Hasanuddin Makassar. Selain peluang kemitraan di bidang pendidikan, dalam kuliah umum dipaparkan pula materi terkait tantangan pendidikan di era revolusi industri 4.0, dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran di kelas dan di sekolah. Kerja sama dalam pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan dapat dilakukan dengan fasilitasi Atdikbud dan SEAMEO. Kuliah umum yang dilakukan di sejumlah universitas tersebut juga menjadi ajang pemberian motivasi kepada para mahasiswa untuk lebih giat belajar, berani melihat dan memanfaatkan wawasan, serta senantiasa meningkatkan kapasitas diri, termasuk berkunjung, bermitra, dan bersaing di luar negeri.

Dalam kunjungannya, Atase Pendidikan dan Kebudayaan berdiskusi mengenai program “Professor Goes to School” dengan Universitas Diponegoro, Semarang. Program ini ditujukan untuk menguatkan jati diri bangsa dan memberikan inspirasi kharismatik kepada siswa. Tidak hanya para profesor yang terlibat dalam kegiatan ini, tetapi juga para ilmuwan. Kegiatan lain yang dapat dilakukan terkait program ini adalah pelatihan guru dan kegiatan KKN tematik yang disesuaikan dengan kondisi di Bangkok.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan berharap, rangkaian kunjungan tersebut dapat memberikan manfaat yang dapat dirasakan oleh banyak pihak.

 

     

Foto: Audiensi Atdikbud dan Kepala SIB dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

 

   

Foto: Pertenuan dengan Jaya Suprana terkait dengan rencana Pagelaran Kesenian Nusantara di KBRI Bangkok, tanggal 15 Desember 2018

 

    

Foto: Atdikbud KBRI Bangkok menjadi pembicara dalam kuliah umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *