Pemilihan Ketua Osis SIB periode 2019/2020

Bangkok, 4 maret 2019

Pagi itu taman baca SIB lebih ramai dari biasanya. Siswa/i dari SD hingga SMA berkumpul di depan dua bilik, dimana bagian depannya tertempel photo lima orang siswa. Kelima siswa tersebut tidak lain adalah calon ketua osis dalam pemilihan yang berlangsung saat itu untuk periode 2019/2020. Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap 1 (satu) tahun sekali, yang diistilahkan dengan Pemilihan Umum Ketua OSIS ( PILKATOS ).

Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) merupakan ajang pelaksanaan praktek berdemokrasi di tingkat siswa SIB. Sebelum diadakan kegiatan pemungutan suara, para calon terlebih dahulu melalui tahap seleksi hingga debat dan penyampaian visi/misi. Kelima calon yang mengikuti PILKATOS adalah siswa dari kelas 10. Mereka adalah Benediktus R. Pandu (calon no.1), Maritza Tabina (calon no.2), Godwiny Artha (calon no.3), Carensak Midam (calon no.4), dan Aniq Sabrina (calon no.5).

Atase Pendidikan KBRI Bangkok, Prof. Mustari, M.Pd, berkesempatan hadir dalam acara debat calon ketua osis. Pada kesempatan itu, beliau menyampaikan bahwa penyelenggaraan Pilkatos oleh para siswa diharapkan bisa memberikan bekal pengalaman yang berguna di masa mendatang dalam menghadapi even-even demokrasi yang lebih luas, seperti pemilihan umum maupun pemilihan kepala daerah dan presiden. Para siswa juga perlu diperkenalkan tata cara dan tahapan yang ideal dalam pelaksanaan Pemilihan Ketua OSIS (PILKATOS) sebagai bagian dari proses demokrasi dalam memilih pemimpinnya di lingkup sekolah.

Proses pemungutan suara diakhiri pukul 14.00, dan selanjutnya diadakan perhitungan suara. Hasil akhirnya adalah calon no. Urut 5, Aniq Sabrina memperoleh hasil tertinggi sebanyak 33% suara dan diputuskan sebagai ketua osis periode kepengurusan 2019/2020. Selanjutnya akan dibentuk kepengurusan dan program kerja melalui rapat koordinasi dengan osis demisioner dan pembina.

Harapan selanjutnya, Pilkatos kali ini dapat memberikan semangat yang lebih kuat kepada sekolah untuk benar-benar melaksanakan program – program kesiswaan yang lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *