Perkemahan Jumat Sabtu “ Satu Pramuka untuk Satu Indonesia”

Ada suasana tidak biasa di lapangan sepakbola KBRI Bangkok di pagi itu.  Siswa SIB berseragam pramuka dengan atribut lengkap terlihat sibuk mendirikan tenda dan berlatih semaphore.  Jumat pagi itu merupakan hari saat rangkaian Perkemahan Jumat – Sabtu (PERJUSA) SIB dimulai. Tema yang diangkat pada kegiatan ini adalah “Satu Pramuka untuk Satu Indonesia”.

Kegiatan ini merupakan salah satu macam kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan secara out door. Dengan tujuan melatih hidup bermasyarakat di alam terbuka dengan menggunakan kemah atau tenda sebagai tempat bernaung dari panas, dingin, hujan, dan lain sebagainya.

Pelaksanaan PERJUSA ini berlangsung dua hari satu malam yaitu pada tanggal 29 – 30 Maret 2019. Kegiatan kali ini terasa lebih istimewa karena dibuka secara resmi langsung oleh ketua pramuka Asia Pasifik, sekaligus Duta Besar RI untuk kerajaan Thailand, Ahmad Rusdi. Dalam sambutannya Duta Besar menyampaikan bahwa pramuka adalah bagian dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia mempunyai peran untuk menumbuhkan semangat patriotisme pemuda-pemudi Indonesia sehingga perjuangan bangsa tidak terhenti karena para pejuangnya gugur di medan perang. Setelah lepas dari belenggu penjajah secara fisik, fungsi pramuka sebagai pendidikan, permainan, dan pengabdian bagi masyarakat telah dapat mengubah ketergantungan pemuda-pemudi terhadap orang lain menjadi pribadi yang mandiri dan berjiwa sosial.  Setelah pembukaan resmi, beberapa anggota pramuka siaga dan penggalang menyajikan atraksi semaphore.

Rangkaian kegiatan PERJUSA ini dikemas dengan menarik sehingga peserta antusias untuk mengikuti semua kegiatan. Kegiatan tersebut antara lain : memasak bersama, pentas seni, renungan malam, permainan-permainan, team building, dan materi motivasi yang khusus disampaikan oleh Lukman Hakim dari Universitas Muhammadiah Jakarta.

Kegiatan diakhiri dengan apel yang dihadiri langsung Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa pramuka merupakan ajang untuk mengembangkan kemampuan diri mengatasi tantangan yang dihadapi, menyadari tidak ada sesuatu yang berlebih di dalam dirinya, menemukan kembali cara hidup yang menyenangkan dalam kesederhaan serta membina kerjasama dan persatuan dan persaudaraan.

Kegiatan Perjusa berakhir dengan berbagai kenangan yang tentunya seru dan para peserta adik-adik Pramuka walaupun terasa lelah, namun pengalaman yang didapatkan dari kegiatan ini tentunya akan berguna bagi mereka – (ykb).


Foto bersama Ketua Pramuka Asia Pasifik, Duta Besar RI Ahmad Rusdi dengan para peserta PERJUSA, dan para Pembina

Pembukaan resmi PERJUSA oleh Ketua Pramuka Asia Pasifik, Dubes RI Ahmad Rusdi

Atraksi semaphore oleh adik-adik siaga dan penggalang Pramuka SIB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *