Keberhasilan Tim Indonesia pada Ajang TIMO Final 2019 di Phuket Thailand

Pada Selasa 9 April 2019 kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok dan Sekolah Indonesia Bangkok menerima kunjungan Tim Indonesia pada ajang Olimpiade Internasional Matematika “Thailand International Mathematical Olympiad Final 2019 (TIMO Final 2019)” yang diselenggarakan di Hotel Duangjitt Patong, Phuket, tanggal 5-8 April 2019. Tim Indonesia dipimpin langsung oleh Direktur Pusat Pendidikan Matematika, Ami Triono, S.Pd. dengan jumlah peserta 255 siswa dari tingkat TK sampai dengan SMA yang berasal dari berbagai daerah di seluruh wilayah Indonesia,  dari Aceh sampai Timika Papua. Disampaikan oleh Ami Triono, bahwa perekrutan siswa dari berbagai pelosok wilayah Indonesia tersebut untuk menunjukkan kepada Indonesia dan Dunia bahwa prestasi para siswa Indonesia khususnya di bidang Matematika tidak hanya dominan di perkotaan namun juga di daerah yang jauh dari kota.       

Ajang Internasional Olimpiade Matematika TIMO Final 2019 kali ini diikuti oleh para siswa TK-SMA dari 20 negara seperti; Hong Kong, Cina, Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Bulgaria, Filipina, Kirgistan, Iran, Taiwan, Vietnam, Myanmar, Laos, Sri-Lanka, Kazakhstan, Australia, Kamboja, Ukraina, dan Bangladesh. Jumlah keseluruhan peserta 842 anak, yang terbagi menjadi 3 kategori yakni; 1) Kindergarten Group 39 peserta, 2) Primary Level (1-6) sebanyak 520 peserta, dan 3) Secondary Level (3 level dan Senior Secondary Group) sebanyak 283 peserta.

Tim Indonesia memperoleh hasil yang memuaskan dan membanggakan dengan perolehan medali pada Kategori Kindergarten Group dengan 1 Emas dan 4 Perak, Kategori Primary Level 1-6 dengan perolehan medali 21 Emas 47 Perak 58 Perunggu, dan pada Kategori Secondary Level 1-Senior Secondary Group memperoleh 18 Emas 22 Perak 33 Perunggu. Di samping itu 2 peserta Indonesia juga berhasil memperoleh World Star atas nama Edsel Sadina Arkhan untuk Kategori Kindergarten Group, dan Jessy Mazuki pada Kategori Secondary 2. Selanjutnya 40 peserta Indonesia peraih medali Emas TIMO Fibnal 2019 tersebut akan kembali maju berlomba pada ajang Olimpiade Internasional Matematika 2020 yang akan dilaksanakan di Jepang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *