Kehadiran KBRI dan Delri pada 3rd Consultative Meeting on ASEAN Cultural Year 2019

Pada tanggal 9 – 10 April 2019 telah dilaksanakan 3rd Consultative Meeting on ASEAN Cultural Year 2019 yang bertujuan mendiskusikan dan menegaskan kembali komitmen dari ASEAN Member States (AMS) untuk melaksanakan berbagai kegiatan kebudayaan di bawah inisiatif ASEAN Cultural Year 2019. Pertemuan dilaksanakan oleh Kementerian Kebudayaan Thailand di Kantor Kementerian. Pertemuan dipimpin oleh Mrs. Darunee Thamapodol, Advisor to the Minister of Culture of Thailand sebagai chairperson dan dihadiri oleh perwakilan dari seluruh AMS. Delegasi RI (Delri) terdiri dari Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok; Sekretaris Pertama/Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Bangkok; 2 (dua) orang Staf/ Analis Kerjasama Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; dan satu seniman ahli bidang seni pertunjukan.

            ASEAN Culture Year 2019 merupakan salah satu deliverables keketuaan Thailand pada ASEAN di pilar Masyarakat Sosial dan Budaya ASEAN. ASEAN Culture Year 2019 bertujuan untuk mempromosikan budaya ASEAN di tingkat internasional dan mendorong promosi industri kreatif, pariwisata budaya, serta pengembangan berkelanjutan melalui budaya di bawah tema “Diversity, Creativity, and Sustainability”. Indonesia perlu terus mendukung upaya-upaya untuk peningkatan people to people connectivity and partnerships dalam kerangka kerja sama ASEAN dimaksud.

            Hal-hal yang dibahas dalam pertemuan di antaranya adalah Draft ASEAN Leaders’ Statement on the ASEAN Cultural Year 2019, Calendar of Activities of ASEAN Cultural Year 2019 dan Rencana misi budaya “ASEAN Cultural Troupe: Oneness to the World” ke Denmark, Belanda, Republik Rakyat Tiongkok, Jepang dan Republik Korea (ROK). Indonesia menyampaikan bahwa akan menyelenggarakan 2 (dua) kegiatan budaya yaitu ASEAN Contemporary Dance Festival (Juli 2019) dan Southeast Asian Music Education Exchange (September 2019). Kedua usulan tersebut telah dimasukkan ke dalam Calendar of Activities of ASEAN Cultural Year 2019.

            Pada hari kedua pertemuan, telah dilakukan site visit seluruh delegasi AMS National Museum Bangkok dan ASEAN CULTURE CENTRE (ACC). Kunjungan dipimpin oleh Penanggung Jawab ACC dari Ministry of Culture serta dua orang staff yang diikuti oleh sebagian besar anggota delegasi. Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk melihat dan merasakan secara langsung suasana tempat dan pelayanan terhadap para wisatawan yang ingin mengetahui sejarah, benda-benda simbolik Kerajaan, serta materi museum dan culture centre lainnya. Manfaat museum dan ACC ini bagi bangsa Thailand dapat dirasakan secara langsung oleh seluruh peserta, baik manfaat Diplomasi maupun manfaat ekonomi.

                Menanggapi kegiatan tersebut, Duta Besar RI, Ahmad Rusdi menyampaikan bahwa kegiatan ini penting bagi kedua negara, Indonesia sebagai negara yang kaya akan seni dan budaya dapat memanfaatkan forum ini untuk promosi dan diskusi. Sementara itu, Wakil Kepala Perwakilan RI, Dicky Komar menyebut bahwa keterlibatan KBRI cukup strategis dalam rangka memperkuat substansi diplomasi.


Foto bersama para delegasi dari negara-negara ASEAN dalam 3rd Consultative Meeting on ASEAN Cultural Year 2019

Suasana pertemuan 3rd Consultative Meeting on ASEAN Cultural Year 2019 di Ministry of Culture

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *