Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2019 Sekolah Indonesia Bangkok

Kamis pagi, tanggal 2 mei 2019 suasana sporthall KBRI Bangkok lebih meriah dari biasanya. Siswa/i SIB terlihat memenuhi lapangan dengan seragam putih berdasi merah lengkap dengan jas birunya. Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) memperingati Hari Pendidikan Nasional .Menyesuaikan dengan tema Hardiknas tahun ini yaitu “menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan”, kegiatan yang diselenggarakan lebih dititikberatkan pada hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.

Kegiatan diawali dengan upacara yang dipimpin langsung oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok Bapak Prof. Mustari, M.Pd. Dalam naskah pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yang dibacakan oleh beliau, disampaikan bahwa melalui momentum Hari Pendidikan Nasional ini, kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumberdaya manusia yang dilandasi karakter kuat, keterampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif. Melalui moment ini juga beliau menyampaikan rasa syukur karena bangsa Indonesia baru saja berhasil melewati tahap puncak perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak, tanggal 17 April 2019 lalu. Dilihat dari sudut pandang Pendidikan, di dalam Pemilihan Umum harus terjadi proses pembelajaran bagi setiap warga negara. Proses belajar pada hakikatnya adalah momentum terjadinya perubahan tingkah laku menuju ke kedewasaan.

Selepas upacara, kegiatan dilanjutkan dengan lomba-lomba yang melibatkan siswa/i SIB. Ada tiga mata lomba yang diselenggaran untuk memeriahkan moment ini, diantaranya vocal grup, menggambar, dan mewarnai. Kegiatan berlangsung lancar dan meriah. Lomba vocal grup dilangsungkan di taman baca SIB dengan mengusung tema budaya nusantara, dimana peserta diminta membawakan lagu wajib hymne SIB dan satu lagu pilihan yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia. Kegiatan berakhir pukul 12.15 siang, yang ditutup dengan pengumuman pemenang lomba.

Dengan diselenggarakannya kegiatan peringatan Hari Pendidikan Nasional di Sekolah Indonesia Bangkok, diharapkan agar peserta didik, guru, dan pihak terkait dapat memahami tujuan pendidikan yang sebenarnya dengan tetap mengacu pada penguatan kebudayaan nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *