Rombongan Visitasi Pelatihan Kepemimpinan Nasional Berkunjung Ke Community Learning Center (CLC) Wat Arun Ratchawararam

Rabu, 15 Mei 2016, tim delegasi Visitasi Kepemimpinan Nasional (VKN) dan peserta Visitasi Kepemimpinan Nasional – Pelatihan Kepemimpinan Nasional (VKN-PKN) tk. II tahun 2019 yang terdiri dari delegasi yang berasal dari beberapa instansi pemerintahan, dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Didik Suhardi, yang didampingi oleh Prof. Mustari, selaku Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok melakukan kunjungan ke Community Learning Center di area Wat Arun Ratchawararam, Bangkok.

Hartanto Gunawan selaku koordinator dan pengelola CLC serta para pelajar di bawah asuhan CLC menyambut dengan hangat kedatangan rombongan.  Lalu dilanjutkan dengan paparan singkat oleh Hartanto tentang CLC.

Tujuan dari kunjungan peserta VKN adalah untuk mendapatkan ide dari pengalaman bapak Hartanto Gunawan tentang bagaimana cara beliau dalam mengelola CLC hingga menjadi komunitas yang sukses dan dapat menarik perhatian pemerintah Thailand, organisasi internasional seperti Perserikatan Bangsa Bangsa, dan wisatawan asing untuk mengunjungi CLC serta mendapatkan bantuan dari organisasi tersebut, hingga saat ini. Secara lebih lanjut, Hartanto berbagi cerita tentang bagaimana CLC dalam membantu anak muda dan anak yatim piatu yang telah terasingkan dari komunitasnya dengan menambah kesempatan mereka untuk dapat mengenyam pendidikan melalui pemberian beasiswa di berbagai macam bidang ilmu seperti keperawatan dan teknik permesinan. Semua siswa yang menerima beasiswa dari CLC nantinya dapat memiliki kesempatan kerja di beberapa rumah sakit yang ada di Bangkok dan banyak dari mereka telah membantu perekonomian keluarga dan komunitasnya. Kesuksesan dari CLC ini telah membawa dampak positif yang besar bagi komunitas Thailand.

Selain itu, di area yang sama, rombongan berkesempatan untuk melihat Borobudur Corner yang dibangun di salah satu area di CLC dengan miniatur candi Borobudur sumbangan Kemendikbud yang dibawa langsung dari Indonesia serta berbagai informasi mengenai Candi Borobudur. 


Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi disambut oleh para siswa dari CLC

Hartanto Gunawan, Direktur CLC sedang menjelaskan Borobudur Corner kepada Sesjen Kemendikbud didampingi Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok

Foto bersama di area Wat Arun Ratchawararam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *