COMMUNITY SERVICE: PENYULUHAN DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA DAN HIV DI KEDUTAAN BESAR REPUBLIK INDONESIA BANGKOK

Pada pagi hari Rabu, 3 Juli 2019, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok menerima tim penyuluhan deteksi dini kanker payudara dan HIV sebagai bagian dari rangkaian community service atau pengabdian masyarakat program Pasca Sarjana Manajemen Rumah Sakit Universitas Islam Bandung.  Suasana hari ini terlihat ramai dipenuhi oleh para tamu undangan, yaitu Ibu Ketua DWP KBRI Bangkok, Ibu-ibu Anggota DWP KBRI Bangkok, Home Staf, Lokal Staf, dan para guru SIB.

Begitu jarum jam menuju pukul 9.30, penyuluhan dibuka oleh Prof. Dr. Muhardi M.Si selaku ketua program pascasarjana. Beliau menjelaskan bahwa kegiatan pada hari ini merupakan bagian dari program hospital visit yang tertuju kepada negara ASEAN. Sejauh ini delegasi dari Magister Manajemen Rumah Sakit UNISBA telah mengunjungi sejumlah rumah sakit di Bangkok dan Phuket. Rangkaian hospital visit tersebut ditutup dengan pengabdian masyarakat dalam bentuk penyuluhan yang diadakan di KBRI pagi ini.

Penyuluhan pada hari ini disambut baik oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Mustari M.Pd. Dalam sambutannya, Prof. Mustari menyampaikan rasa terima kasih kepada delegasi UNISBA yang telah mengadakan knowledge sharing di KBRI. Beliau berharap kegiatan hari ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi para tamu undangan sekaligus menyambung tali silaturahmi di antara kedua belah pihak.

Memasuki isi dari rangkaian acara, Dr. dr. Widyanti Soewoto membawakan pengarahan mengenai deteksi dini kanker payudara. Peserta penyuluhan terlihat sangat antusias dalam mendengarkan mater-materi yang dibawakan oleh dr. Widyanti. Sesi diskusi pun dipenuhi dengan tanya jawab antara peserta dan narasumber. Selanjutnya, penyuluhan mengenai deteksi dini HIV dipresentasikan oleh Dr. Didit Widagdo Soeweoto Sp.B FINACS. Tak kalah dari sesi sebelumnya, peserta sangat bersemangat untuk bertanya jawab dan bertukar pengetahuan dengan pemateri. Sebagai penutup dari rangkaian acara hari ini, Prof. dr. Muhardi menyampaikan sekilas informasi mengenai Human Resource Development yang menekankan pada pengambangan anak. Beliau menjelaskan tentang fase-fase pengembangan pendidikan anak yang dapat dibagi menurut tahapan umur.

Pada penghujung acara, penyuluhan ditutup dengan ucapan terima kasih dari kedua belah pihak, penukaran cendera mata, dan foto bersama.

Atase Pendidikan dan Kebudyaan KBRI Bangkok, Prof. Dr. Mustari M.Pd., memberikan sambutan kepada delegasi UNISBA
Penyuluhan Deteksi Dini Kanker Payudara oleh Dr. dr. Widyanti Soewoto
Penyuluhan Deteksi Dini HIV oleh Dr. Didit Widagdo Soeweoto Sp.B. FINACS
Penukaran cendera mata antara Prof. Dr Mustari selaku perwakilan dari KBRI Bangkok dengan Prof. dr. Muhardi mewakili delegasi UNISBA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *