ATDIKBUD LAKUKAN PEMBINAAN TERHADAP GURU DAN TENDIK SEKOLAH INDONESIA BANGKOK AWAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Mengawali Tahun Pelajaran 2019/2020, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok, Prof. Dr. Mustari, M.Pd melakukan pembinaan terhadap para Guru dan Tenaga Kependidikan Sekolah Indonesia Bangkok. Pembinaan dilaksanakan pada hari Jumat, 19 Juli 2019 di Ruang 102 Sekolah Indonesia Bangkok. Pada kegiatan tersebut disampaikan berbagai informasi dan laporan oleh Kepala Sekolah Indonesia Bangkok, antara lain:

  1. Penyusunan jadwal, kalender akademik dan rencana kegiatan Sekolah Indonesia Bangkok
  2. Keadaan guru, tenaga kependidikan dan peserta didik di awal tahun pelajaran
  3. Persiapan kegiatan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-74 termasuk di dalamnya pembinaan Paskibra yang dimulai sejak bulan Mei 2019.
  4. Kegiatan persiapan penampilan peserta didik dalam acara Celebration of HM King Rama X’s Coronation pada tanggal 26 Juli 2019 di Siam Paragon. Dalam acara tersebut Sekolah Indonesia Bangkok akan menampilkan Tari Indang, Tari Tor-tor, Tari Topeng Kelono, Angklung dan Pencak Silat.
  5. Kegiatan Workshop Seni Musik oleh Universitas Pendidikan Indonesia tanggal 26-27 Juli 2019 dengan peserta para peserta didik dan guru Sekolah Indonesia Bangkok.
  6. Kegiatan Workshop Matematika oleh Universitas Pendidikan Indonesia tanggal 26 Juli 2019 dengan peserta orang tua siswa dan guru matematika Sekolah Indonesia Bangkok.
  7. Kegiatan Workshop Strategi Implementasi Kurikulum  2013 oleh Ir. Drs. Djohan Yoga, M.Sc., MoT., Ph. D. tanggal 27-28 Juli 2019 dengan peserta para Guru dan Tenaga Kependidikan Sekolah Indonesia Bangkok.
  8. Pengajuan pembuatan Akun Kelas Maya pada Portal Rumah Belajar untuk persiapan program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ).

            Dalam kegiatan Pembinaan ini, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok mengingatkan kepada seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan agar bertugas sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing dan dapat mengatur kegiatan para siswa dengan kegiatan belajar mengajar agar tetap berjalan dengan baik. Setiap Guru dan Tenaga Kependidikan juga dihimbau untuk selalu berkoordinasi baik secara lisan maupun tulisan dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan. Setiap 6 (enam) bulan sekali Guru dan Tenaga Kependidikan wajib membuat laporan secara tertulis tentang kegiatan yang telah dilaksanakan pada periode waktu tersebut.

            Atdikbud menambahkan bahwa Kepala Perwakilan menaruh perhatian besar terhadap perkembangan SIB. Kepala Perwakilan kerap memberi arahan untuk pengembangan sekolah pada berbagai kesempatan termasuk melakukan rapat pembinaan secara khusus dengan para guru dan tenaga kependidikan. Laporan yang disampaikan secara berkala oleh para guru dan tenaga kependidikan dapat menjadi medium komunikasi yang efektif antara para guru dan tenaga kependidkan dengan  Kepala Perwakilan. Diharapkan SIB dapat terus berkembang meningkatkan mutu layanan yang diberikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *