KUNJUNGAN KERJA YANG MULIA DUTA BESAR INDONESIA UNTUK KERAJAAN THAILAND BESERTA ROMBONGAN KE MAESOT, TAK, DAN KAMPHAENG PHET

Bangkok. Kamis, 11 Juli 2019. Pada hari Selasa dan Rabu kemarin, tanggal 9 dan 10 Juli 2019, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bangkok bersama Atase Imigrasi, Atase Perdagangan, Koordinator Fungsi Ekonomi, Koordinator Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya, serta BPKRT I mendampingi kunjungan Duta Besar KBRI Bangkok ke Maesot, Tak, dan Kamphaeng Phet. Kunjungan kerja dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) tersebut bertujuan untuk melihat dan mengetahui tata kelola pendidikan di 3 lokasi itu yang terletak di dua provinsi sekitar perbatasan Thailand-Myanmar.

Dalam pertemuan dengan Chamber of Commerce di Tak dan Kamphaeng Phet, Duta Besar dan rombongan mendapat gambaran tentang hubungan antara dunia industri daerah Tak dan Kamphaeng Phet dengan lembaga-lembaga pendidikan di kedua provinsi ini. Selanjutnya, Atase Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan tentang permintaan dukungan dunia Industri Tak dan Kamphaeng Phet apabila ada siswa dan mahasiswa Indonesia berminat magang di industri kedua daerah ini. Demikian sebaliknya, KBRI Bangkok juga akan turut menfasilitasi keinginan siswa kedua daerah ini ke Indonesia melalui unit pelaksana di Kementerian Dikbud RI dan Kementerian Ristekdikti RI. Ketua Chamber of Commerce Tak, Prasert Juengkijrungroi dan ketua Chamber of Commerce Kamphaeng Phet, Nikorn Pakornnipat menyambut baik dan siap mendukung program magang ini demi memperkuat kapasitas generasi masa depan kedua negara.

Pada kunjungan ke lokasi berikutnya untuk bertemu dengan President Kamphaeng Phet Rajabhat University (KRU), Assoc. Prof. Suwit Wongboonmak, Duta Besar menyampaikan salam hangat dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan dua program kolaboratif kepada KRU, yakni: beasiswa Darmasiswa dan program pengajaran bahasa Indonesia bagi orang asing (BIPA). Informasi ini akan ditindaklanjuti oleh KRU. Sebaliknya, KRU menyampaikan terima kasih dan memperkenalkan program internasional kampus berupa camp, festival budaya, serta penawaran MoU. Salah satu universitas Indonesia yang sudah mengadakan MoU dengan KRU ialah Universitas Padjajaran Bandung.

Pada penghujung acara, rombongan dari KBRI Bangkok bertukar cendera mata dengan perwakilan dari masing-masing institusi pendidikan dan berfoto bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *