Kunjungan Mahasiswa dan Dosen Prodi D-III Farmasi STIKES Salewangan Maros ke KBRI Bangkok

Bangkok. Selasa, 9 September 2019. Pada pagi hari ini, Kedutaan Besar Republik Indonesia Bangkok menerima kunjungan dari mahasiswa dan dosen prodi D-III Farmasi STIKES Salewangan Maros, Sulawesi Selatan. Kunjungan ini dilakukan dengan tujuan agar bisa memberi pengalaman kolaborasi internasional untuk para mahasiswa dan menjalin kerja sama antara STIKES Salewangan Maros dengan KBRI Bangkok. Kunjungan mahasiswa dan dosen diterima oleh Prof. Dr. Mustari, M.Pd. selaku Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Bangkok.

Acara ini dimulai dengan sambutan pembukaan oleh Atdikbud dan dilanjut dengan paparan ketua STIKES yang menyampaikan tujuan dari kunjungan tersebut. Kemudian acara dilanjutkan dengan penjelasan dari Atdikbud  mengenai tata cara, etika, dan tips dalam berkorespondensi dalam rangka kerja sama dengan institusi di luar negeri terutama Thailand. Dalam paparannya, Atdikbud menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika sebuah institusi ingin melakukan kolaborasi internasional dengan lembaga-lembaga di Thailand, seperti memperhatikan surat, gelar dan alamat yang dituju, memahami waktu dan tempat yang ingin dikunjungi, dan menampilkan proposal singkat tentang kampus agar menarik. Selain itu, Atdikbud juga dengan singkat menjelaskan mengenai hubungan dan kerja sama diplomatik Indonesia-Thailand yang sudah baik dan harmonis sejak dahulu kala.

Setelah pemaparan yang disampaikan oleh Atdikbud dan ketua STIKES Salewangan, kegiatan dilanjutkan dengan memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk mengajukan pertanyaan kepada Atdikbud. Pada kesempatan ini, seorang mahasiswa mengajukan pertanyaan terkait kesempatan melanjutkan S-2 di universitas di Thailand dan peran KBRI dalam memfasilitasi kesempatan tersebut. Atdikbud menjelaskan bahwa pihak KBRI siap membantu membagikan informasi mengenai beasiswa dan informasi lainnya terkait universitas-universitas di Thailand kepada warga Indonesia yang ingin berkuliah di sini.

Pada penghujung acara kunjungan ditutup dengan ucapan terima kasih dan foto bersama.


Diskusi Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Mustari, M.Pd., dengan mahasiswa dan dosen  Prodi D-III Farmasi STIKES Salewangan, Maros, Sulawesi Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *