Visitasi Rektor Universitas Negeri Malang

Kedutaan Besar Republik Indonesia Bangkok menerima kunjungan dari rektor Universitas Negeri Malang beserta jajarannya pada hari Senin, 4 November 2019. Kunjungan ini diterima oleh atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok, Prof. Dr. Mustari, M.Pd di Ruang Kaca. Acara dimulai dengan sambutan dari  Rektor Universitas Negeri Malang yang memaparkan bahwa sebelumnya UM telah melakukan kerja sama pertukaran pelajar dengan beberapa universitas di Thailand bagian selatan. Maka dari itu, untuk memperluas jaringannya dalam mengadakan berbagai kegiatan keakademikan, beliau meminta izin dan dukungan KBRI untuk melakukan kerja sama dengan mitra-mitra di Thailand, serta mengajak KBRI Bangkok untuk membuat Memorandum of Understanding (MoU) yang berlaku selama dua tahun terkait hal penerimaan mahasiswa Program Pengalaman Lapangan dari Universitas Negeri Malang di Sekolah Indonesia Bangkok (SIB).

Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr.Mustari, M.Pd, memberikan respon positif terkait ajakan dari rector Universitas Negeri Malang itu. Beliau mengatakan MoU dapat dilanjutkan apabila atdikbud periode selanjutnya juga sepakat melakukan kesepakatan tersebut. Beliau juga menyampaikan pernyataan dari Duta Besar Thailand di Indonesia yang menyatakan keinginannya menyediakan beasiswa kepada mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan di Thailand agar informasi ini dapat diteruskan kepada mahasiswa Universitas Negeri Malang.

Pertemuan ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pertanyaan pertama disampaikan oleh Ibu Evi yang bertanya apakah KBRI Bangkok membuka kesempatan kepada mahasiswa non pendidikan untuk melakukan PPL di SIB. Atdikbud menjawab SIB menerima mahasiswa PPL baik yang pendidikan maupun non pendidikan. Pertanyaan kedua diajukan oleh Wakil Rektor yang bertanya mengenai izin dosen boleh ikut memonitor mahasiswanya selama PPL berlangsung serta melakukan pengabdian kepada masyarakat. Jawaban atas pertanyaan tersebut yakni dosen diizinkan memonitor mahasiswanya, dan pengabdian kepada masyarakat akan bermanfaat bagi SIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *