Penutupan Program Kursus Bahasa Indonesia bagi Pegawai Pemerintah Thailand di KBRI Bangkok

Selasa, 3 Desember 2019. Tak seperti biasanya, petang hari ini di ruang Ahmad Yani Bangkok ramai dengan kehadiran sekitar 35 warga negara Thailand yang khusus datang untuk acara penutupan program kursus bahasa Indonesia untuk pegawai pemerintah Thailand. Ya, mereka ini adalah para pegawai instansi-instansi pemerintahan di Thailand, seperti Kementerian Luar Negeri Thailand, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pendidikan, Royal Thai Navy, Royal Thai Police, dan lain sebagainya, yang telah mengikuti kursus bahasa Indonesia di KBRI Bangkok sejak awal Oktober lalu. Setelah kurang lebih mempelajari bahasa Indonesia selama dua bulan, akhirnya pada hari ini mereka sampai pada hari penutupan programnya. Para peserta ini tampak sangat menantikan acara pada petang ini, terlihat dari cara mereka berbusana yang rapi yang mencerminkan hati berbahagia mereka.

Rangkaian acara penutupan ini diawali dengan sambutan oleh Rury Luberti, pengajar BIPA Pusat Pengembangan Strategi Diplomasi dan Kebahasaan (PPSDK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasinya terhadap para peserta yang selalu bersemangat dalam mempelajari bahasa Indonesia selama dua bulan ini. Walaupun kelas bahasa Indonesia di KBRI Bangkok ini diadakan setelah selesai jam bekerja mereka, yaitu pukul 17.00 hingga pukul 19.00, para peserta tetap antusias dan terlihat menikmati proses pembelajaran bahasa Indonesia. Selain itu, Rury juga mengungkapkan harapannya agar apa yang telah mereka pelajari selama dua bulan ini akan bermanfaat bagi kehidupan peserta, baik bagi peserta yang akan tinggal di Indonesia maupun peserta yang akan berkunjung saja.

Setelah sambutan dari Rury, acara dilanjutkan dengan penayangan video album kenangan sleama proses belajar mengajar. Selain foto-foto kegiatan, dalam video tersebut juga termuat kesan dan pesan yang disampaikan oleh beberapa peserta dalam bahasa Indonesia. Mereka mengatakan bahwa mereka sangat senang bisa belajar bahasa Indonesia di KBRI Bangkok. Karena selain mendapatkan ilmu baru, mereka juga bisa mendapatan banyak teman. Selain itu, salah satu peserta mengungkapkan keinginannya agar pemerintah Indonesia terus melanjutkan program kursus bahasa Indonesia di KBRI Bangkok, khususnya untuk level madya yang bisa mereka ikuti.

Setelah penayangan video, acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifkat kepada para peserta kursus. Sebagai bentuk apresiasi dan motivasi kepada para peserta, pihak KBRI Bangkok memberikan cinderamata kepada peserta terbaik pertama, kedua, dan ketiga. Para peserta terbaik pertama hingga ketiga secara berurutan yaitu Nanthawan Ketthiangkit dari Thammasat University, Chutikarn Chalongwongse dari National Institute of Development and Andministration (NIDA), dan Decharpac Polpong dari Kementerian Perdagangan Thailand. Selain peserta terbaik di atas, para peserta lain juga menerima cinderamata berupa miniatur angklung dan wayang. Dengan begitu, diharapkan para peserta akan semakin mengenal dan mencintai budaya Indonesia.

Setelah acara pemberiaan sertifikat dan cinderamata kepada seluruh peserta selesai, acara dilanjutkan dengan pemberian kesan dan pesan oleh dua orang peserta. Kedua peserta ini mengungkapkan bahwa dengan mengikuti kursus bahasa Indonesia di KBRI Bangkok, khususnya bagi mereka yang kebetulan pergi ke Indonesia dalam periode kursus, mereka mampu memahami dan membaca teks-teks iklan di jalanan Indonesia. Selain itu, mereka juga mampu berkomunikasi secara sederhana dengan teman-teman mereka yang merupakan orang Indonesia. Oleh karena itu, mereka juga mengungkapkan rasa terima kasih mereka kepada pemerintah Republik Indonesia khususnya KBRI Bangkok yang telah memfasilitasi mereka dalam mempelajari bahasa dan kebudayaan yang baru. Selain itu, mereka juga berharap agar KBRI Bangkok bisa terus melanjutkan program kursus dengan berbagai tingkat supaya mereka bisa tetap melanjutkan mempelajari bahasa dan budaya Indonesia.

Di penghujung acara, para peserta berfoto bersama dengan pengajar bahasa Indonesia, yaitu Sari Suharyo, Awaludin Rusiandi, dan Rury Luberti.

Sambutan Pembukaan
Peserta terbaik pertama menerima cinderamata dan sertifikat
Peserta terbaik ketiga menerima cinderamata dan sertifikat

Perwakilan peserta kursus menyampaikan kesan dan pesannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *