FINAL KI HAJAR (KITA HARUS BELAJAR) 11-15 NOVEMBER 2019, HOTEL KRISTAL, JAKARTA

Program acara kuis Ki Hajar (Kita Harus Belajar) 2019 yang diadakan pemerintah dalam hal ini Pusttekom Kemdikbud merupakan ajang kompetisi tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK atau sederajat sejumlah 101089 siswa dan 186 siswa SILN. Kuis ini berlaku dari babak penyisihan dari Bulan Maret-September, dimana setiap bulan siswa mengerjakan soal sebanyak 10 paket, secara on line atau SMS. Pemenang akan mendapatkan Award Kihajar dan uang tunai. Kuis ini bertujuan menumbuh kembangkan budaya belajar siswa kapanpun dimanapun dengan pemanfaatan TIK.

Tahun 2019 merupakan tahun pertama keikutsertaan Sekolah Indonesia Luar Negeri, maka SILN Bangkok (SIB) mendaftarkan semua peserta didik berpartisipasi ikut kuis KI Hajar, dan tak henti mengingatkan untuk masuk mengerjakan kuis, Alhamdulillah menyabet terbaik tingkat SD dan SMP se-SILN dan terbang menuju final di Jakarta 11-15 November 2019.  Tingkat SD dimenangkan oleh Anindya Daniswara dan Andhara Vittara Sugandhi untuk tingkat SMP. Tapi eitss tunggu dulu, belum boleh bersorak senang karena untuk bisa terbang ke Jakarta diperlukan tiket tambahan yaitu membuat video STEM yang kreatif dan inovatif, diupload di youtube tak lupa hastag Kemdikbud… tidak mudah juga looh dan harus belajar lagi lebih keras karena kompetisi off line tentunya lebih berat loh yaa.

Setelah persyaratan dipenuhi, maka Andhara didampingi Ibu Inrayati Atjo berangkat ke Jakarta dengan pesawat Thai Airways, boleh Garuda juga loh. Sementara ananda Anindya Danis tidak jadi diberangkatkan berhubung saat ini sudah menjadi siswa tingkat SMP, jadi pemenang dibatalkan. Tetap semangat Danish, di SMP ikut lagi Maret tahun depan.

Bertemu dan berkumpul dengan pemenang terbaik dari setiap provinsi di Hotel Kristal tentunya luar biasa, kamarnya luas dan fasilitas lengkap. Semangat belajar dan keceriaan mereka harus menjadi contoh buat kita semua warga SIB. Pembukaan Final Ki Hajar 2019 pada Hari Senin 11 November pukul 20.00 WIB dengan tema “Membangun Generasi Unggul dan Berkarakter di Era Digital” didahului dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stansa dan selanjutnya dibuka oleh Sekjen Kemdikbud Bapak Didik Suhardi. Beliau menyampaikan selamat kepada semua siswa yang terbaik termasuk dari SILN, mengharapkan lebih banyak menggunakan smart phonenya untuk belajar dari pada chatting atau main game, sudah belajar terlebih dahulu sebelum masuk kelas, menjadi duta rumah belajar dan TV Edukasi, serta lebih mampu mengenali dirinya dan potensi akademis serta nonakademis.

Setiap pagi diawali dengan senam bersama pukul 06.00 WIB, menyenangkan bertemu, bercanda, dan makan bersama.  Agenda penilaian dimulai pada Hari Selasa, 12 November dengan Gali Pengetahuan, dalam satu jam semua peserta akan mengerjakan 50 soal pelajaran yang masuk ujian nasional. Dilanjutkan dengan Jelajah Ide yaitu presentasi hasil penelitian dalam video STEM yang sudah dibuat di depan juri dan peserta Ki Hajar. Waah … dari peserta didik SD sudah sangat percaya diri loh dan bagus-bagus. Pada Hari Rabu, 13 November dilaksanakan penilaian grup yaitu Eksplorasi Potensi Bersama (outbond) di halaman hotel, seru! Malamnya acara keakraban diisi acara tukar kado dan motivasi session. Hari Kamis, 14 November acara kunjungan ke Pustekkom dan rumah belajar, naik MRT ke Bundaran HI. Setiap hari, ada pemenang termenarik bagi peserta yang meng-upload moment-moment menarik di instragamnya. Malamnya adalah acara puncak pengumuman dan pemberian Ki Hajar Award di Balai Kartini, semua peserta menggunakan pakaian adat daerah masing-masing, waaah This is Wonderfull Indonesia ditambah bapak ibu duta baca dari tiap provinsi juga turut hadir dan mendapatkan Award Ki Hajar. Seluruh acara diliput on line di TV Edukasi, SIB streaming juga dari Bangkok menyaksikan acaranya.

Hari Jumat, 15 November saatnya berpisah dengan panitia Pusttekom dan teman-teman dari seluruh Indonesia, Alhamdulillah acara bisa diikuti semua dengan sukses, insyaallah tahun depan bisa lolos ke final lagi dan bisa membawa pulang salah satu penghargaan Ki Hajar. Pengalaman begitu luar biasa untuk bisa belajar lebih baik lagi, tetap semangat go go go SIB!

Dengan ketua paniti Ki Hajar Pak Andi Sutrisno
Jelajah ide, siap untuk presentasi
Kegiatan outbond
Malam pembukaan Ki Hajar, dibuka oleh Sekjen Kemdikbud, Didik Suhardi
Wawancara dengan TV Edukasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *