KBRI Bangkok Menerima Visitasi dari Universitas Peradaban Bumiayu

Pada tanggal 21 Januari 2020, Kedutaan Besar Republik Indonesia Bangkok mengawali agendanya di pagi hari dengan menerima visitasi dari Brebes, Jawa Tengah, yakni dari rombongan Universitas Peradaban Bumiayu yang dihadiri 16 orang dan terdiri atas 6 orang dosen beserta 10 orang mahasiswa yang mayoritas tengah berada di tahun akhir perkuliahan. Kunjungan ini disambut langsung oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand, Ahmad Rusdi, beserta Atase Pendidikan dan Budaya, Prof. Dr. Mustari, M.Pd di Ruang Rapat KBRI. Kunjungan yang dilakukan Universitas Peradaban Bumiayu ke KBRI Bangkok merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan ekskursi tahunan kampus yang dimasukkan ke dalam salah satu mata kuliah, dan kunjungan Universitas Peradaban Bumiayu ke Bangkok hari ini tercatat sebagai kunjungan kali pertama mereka di Negeri Gajah Putih setelah tahun-tahun sebelumnya berkunjung ke Malaysia dan Singapura.

Pada kunjungan kali ini, Bapak Ahmad Rusdi selaku Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand menyampaikan betapa pentingnya untuk menjalin dan menjaga hubungan bilateral dengan negara tetangga. Hal ini dikarenakan dalam mewujudkan kepentingan nasionalnya, suatu negara yang layaknya diibaratkan sebagai manusia, tidak bisa berjuang dengan sendirinya sehingga kadangkala bantuan dari pihak lain tetap dibutuhkan demi terlaksananya kepentingan tersebut. Oleh karenanya, untuk menjalin hubungan bilateral agar tetap harmonis dan damai, Indonesia dan Thailand seringkali terlibat dalam serangkaian kerjasama dalam berbagai bidang, mulai dari bidang perdagangan bahkan sampai pendidikan. Tak heran bila kerjasama yang dilakukan tersebut berimplikasi pada eratnya ikatan bilateral antara Indonesia-Thailand, bahkan dikatakan ketegangan yang signifikan antar kedua negara jarang sekali—bahkan tidak pernah terjadi.

Kunjungan ini dapat dikatakan interaktif karena terdapat beberapa pertanyaan yang dilontarkan baik dari kalangan mahasiswa maupun dari kalangan dosen. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan terkait dengan kebudayaan, kehidupan masyarakat, dan kondisi pendidikan di Thailand. Kunjungan kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama di depan gedung KBRI Bangkok bersama Bapak Duta Besar dan Atase Pendidikan dan Budaya. Selanjutnya, Universitas Peradaban Bumiayu berencana untuk berkunjung ke Rajamangala University of Technology untuk membahas kelanjutan kerjasama sesuai dengan Memorandum of Understanding (MoU) yang telah disepakati tahun 2018 silam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *