Kunjungan SMP 2 Negeri Temanggung ke KBRI Bangkok

Pada tanggal 16 Januari 2020 silam, Kedutaan Besar Republik Indonesia Bangkok mendapatkan kunjungan dari SMP Negeri 2 Temanggung. Kunjungan yang berjumlah 25 orang dan terdiri atas sekumpulan siswa dan siswi beserta jajaran guru ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi yang lebih erat dengan KBRI Bangkok lantaran visitasi yang dilakukan oleh SMP Negeri 2 Temanggung nyatanya bukan kali pertama yang dilakukan, melainkan di tahun 2020 ini sudah terhitung memasuki kunjungan kali keempat. Oleh karenanya, dengan mengunjungi KBRI Bangkok secara “rutin” setiap tahun, SMP Negeri 2 Temanggung berharap dapat menjalin hubungan yang baik dengan kantor kedutaan hingga tahun-tahun yang akan datang layaknya hubungan bilateral yang tercipta antara Indonesia-Thailand yang selalu harmonis tanpa ada tensi yang mengancam.

Sebagai salah satu institusi pendidikan yang terkenal prominen dan prestisius di Kabupaten Temanggung, bahkan kerap menempati peringkat teratas sebagai institusi pendidikan terbaik taraf menengah secara tahunan, sekolah menengah pertama ini berambisi untuk dapat mengaktualisasikan beserta mempromosikan budaya Temanggung ke mancanegara—salah satunya dengan rutin menampilkan tarian-tarian autentik Temanggung ke luar negeri. Tahun ini, SMP Negeri 2 Temanggung hendak menyajikan dua tarian yang dinamakan Tari Sigak Soreng dan Tari Ulan Balot  di salah satu sekolah Thailand yang terletak di teritori Pattaya, yakni Muang Pattaya School pada tanggal 17 Januari 2020. 

Kunjungan yang disambut oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok, Prof. Dr. Mustari, M.Pd di Ruang Achmad Yani ini berjalan dengan baik. Setelah melakukan sesi foto bersama dan bertukar plakat, siswa dan siswi SMP Negeri 2 Temanggung dipersilakan untuk menampilkan tarian yang sudah dipersiapkan di hadapan civitas akademika Sekolah Indonesia Bangkok. Adapun tarian yang hendak dipertontonkan tersebut ialah dua tarian serupa yang akan mereka tampilkan di Pattaya, yakni Tari Sigak Soreng yang dibawakan oleh para siswi dan Tari Ulan Balot yang ditampilkan oleh para siswa. Dua tarian tersebut kemudian berhasil mendapatkan sambutan meriah dan ditutup dengan aksi menari bersama yang dilakukan oleh siswa dan siswi Sekolah Indonesia Bangkok dan SMP Negeri 2 Temanggung secara bersamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *