Kunjungan Universitas Pasundan ke KBRI Bangkok

Di awal minggu ketiga bulan Januari, tepatnya pada hari Senin, 20 Januari 2020, Kedutaan Besar Republik Indonesia Bangkok mendapat kunjungan berjumlah 11 orang dari rombongan Universitas Pasundan yang salah satunya terdiri atas Wakil Rektor dan Dekan Universitas Pasundan. Kunjungan ini disambut baik oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand, Ahmad Rusdi, beserta Atase Pendidikan dan Budaya, Prof. Dr. Mustari, M.Pd. Adapun maksud dari kunjungan tersebut adalah untuk memberi informasi kepada KBRI Bangkok mengenai rencana Universitas Pasundan dalam penyelenggaraan student camp yang salah satunya ialah dengan melibatkan mahasiswa dan dosen Thailand.

Student camp ini dijelaskan sebagai salah satu agenda yang hendak diinisiasikan Universitas Pasundan guna meningkatkan akreditasi dan kualitas kampusnya, yakni dengan penyelenggaran program di mana mahasiswa dan dosen Thailand nantinya diproyeksikan akan tinggal di Indonesia untuk meniti ilmu dan melakukan proses pengajaran dalam beberapa kurun waktu yang ditentukan di Universitas Pasundan, pun begitu juga sebaliknya. Sebelum mengunjungi KBRI Bangkok, Universitas Pasundan menyatakan telah mendatangi salah satu institusi pendidikan negeri yang terletak di kawasan Chatuchak, yakni Kasetsart University, sebagai salah satu upaya untuk mendiskusikan lebih lanjut mengenai agenda student camp yang hendak dilakukan.

Sebagai respon, Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand, Ahmad Rusdi, menyatakan bahwa rencana program yang akan dilakukan merupakan sebuah langkah yang baik lantaran hal tersebut merupakan metode sederhana yang dapat diimplementasikan dalam mempererat hubungan bilateral antara Indonesia-Thailand. Hingga saat ini telah tercatat di data KBRI bahwa terdapat 1.000 mahasiswa Indonesia yang menimba ilmu di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Thailand. Hal ini dikarenakan pendidikan di Thailand nyatanya sudah berkembang dan lebih maju bila dikomparasi dengan pendidikan di tanah air. Bapak Duta Besar juga mengharapkan agar Universitas Pasundan terus memberikan follow up secara konstan ke KBRI Bangkok terkait rencana student camp tersebut sehingga bila terdapat perihal yang memerlukan bantuan, KBRI Bangkok akan turun tangan dan segera melakukan asistensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *