UIN Alauddin Makassar Melakukan Kunjungan ke KBRI Bangkok

Selasa, 4 Februari 2020, KBRI Bangkok menerima kunjungan dari  Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Rombongan ini terdiri dari 13 mahasiswa dan 2 orang dosen dari universitas tersebut. Mereka merupakan mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris.  Prof. Dr. Mustari, M.Pd., selaku kepala Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok menyambut langsung kedatangan mereka di Ruang Achmad Yani.

Pada awal kunjungan, Prof. Dr. Mustari, M.Pd menjelaskan mengenai seputar KBRI Bangkok mulai dari berbagai macam Fungsi dan atase yang ada. Tak hanya itu, beliau juga menjelaskan mengenai program Internship atau magang yang dilaksanakan selama satu bulan dengan berbagai mahasiswa yang terdiri dari beberapa universitas dan jurusan di Indonesia. Kesempatan magang sangatlah terbuka lebar bagi mahasiswa Indonesia. Program magang yang dilaksanakan selama satu bulan bertujuan agar mahasiswa tidak perlu repot mengurus visa dikarenakan terdapat 30-day-visa free sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

Program magang tersebut bukan tanpa alasan hal ini selaras dengan tujuan umum dari kegiatan magang tersebut yaitu memfasilitasi mahasiswa Indonesia yang ingin mendapatkan pengalaman “bekerja” di  lingkungan kedutaan. Mengingat program magang ini tentunya akan menjadi sebuah hal yang tak terlupakan dan bermanfaat dalam menambah wawasan dan melatih kesiapan mental sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Acara tersebut dilanjutkan dengan sambutan oleh ibu DR. Serliahnur, S.Pd, M.Hum, M.Ed selaku Dosen Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Beliau memberikan ucapan rasa terimakasih kepada KBRI Bangkok yang telah menyambut dengan baik dan memfasilitasi sehingga acara Study Tour ini dapat berjalan dengan lancar.

Selanjutnya acara diisi dengan sesi penyerahan kenang-kenangan dari Dinas Pariwisata Sulawesi Selatan dan UIN Alauddin Makassar kepada KBRI Bangkok lalu penyerahan kenang-kenangan dari KBRI Bangkok untuk UIN Alauddin Makassar.  Besar harapan KBRI Bangkok agar mahasiswa UIN dapat melaksanakan program magang yang diadakan oleh KBRI Bangkok melalui Atase Pendidikan dan Kebudayaan. Acara kunjungan tersebut diakhiri dengan tour untuk melihat beberapa ruangan dan lingkungan sekitar KBRI Bangkok termasuk Sekolah Indonesia Bangkok yang bertempat satu komplek dengan KBRI Bangkok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *